Edisi 12-10-2016
Warga dan PT PL Bentrok, 19 Terluka


KARAWANG– Sedikitnya 19 orang terluka dalam bentrokan antara warga dengan petugas keamanan PT Pertiwi Lestari (PL) di Desa Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, kemarin.

Semua korban terpaksa di la ri - kan ke Rumah Sakit Rosela dan RSUD Karawang, agar segera men dapat penanganan medis. Me reka pada umumnya men - de rita luka bacokan dan patah tu lang. Selain menimbulkan kor ban luka, bentrokan pun me ngakibatkan 3 unit backhoe dan 3 unit mobil rusak. Berdasarkan pantauan KO - RAN SINDO, bentrokan ter ja di ketika pekerja dari PT PL se - dang menguruk lahan dengan 3 unit backhoedi lokasi yang akan dijadikan kawasan in dus tri.

Massa yang menggunakan to peng tiba-tiba mendatangi para pekerja yang me ngo pe ra - si kan alat berat untuk me re ta - kan tanah di sekitar lahan ter - se but. Melihat kehadiran massa yang begitu banyak, para pe kerja berlari dengan me ning gal kan kendaraannya di lokasi uru kan. Namun massa yang be ri - ngas malah mengejarnya.

Me - li hat para pekerja dikejar massa, petugas keamanan PT PL langsung membantu hing ga bentrok di antara mereka ti dak bisa dihindari. Aksi saling pu - kul dan saling serang de ngan senjata tajam dan kayu me - warnai bentrokan ter se but. Akibat saling serang ini, se - di kitnya 18 pekerja PT PL luka pa rah akibat terkena pukulan ka yu dan sabetan senjata ta - jam.

Sedangkan dari pihak war ga, satu orang dilarikan ke RSUD Karawang karena ter lu - ka parah. Polisi yang berada di lokasi ke jadian berusaha untuk me - mi sahkan kedua belah pihak, na mun gagal karena jumlah per sonel kepolisian hanya 10 orang. Petugas harus ber ha da - pan dengan massa yang begitu ba nyak. Untungnya bantuan per sonel dalmas Polres Ka ra - wang segera datang hingga ben trokan tidak menyebar ke wi layah lain.

Sementara itu Humas PT PL Agus Rijanto mengatakan, jum lah korban luka berat se ba - nyak 6 orang, sedangkan 12 orang lainnya luka ringan. Dia men duga aksi penyerangan tersebut sudah direncanakan oleh oknum yang mem pro vo - ka si warga setempat. Isu yang se barkan adalah PT PL akan me ngeksekusi lahan warga.

Pa - dahal kejadian sebenarnya yaitu pihak PT PL sedang me - merbaiki akses jalan dari Ci sa - dang ke Kiara Hayam. “Jadi isu itu tidak benar karena yang se - be narnya kami sedang me mer - baiki jalan. Padahal, jalan ter - sebut juga digunakan oleh war - ga. Sekarang kami sudah kum - pulkan alat bukti untuk di - serahkan kepada ke po li sian.

Kapolsek Telukjambe Ba - rat, Iptu Hasanudin me nga ta - kan, masih menyelidiki pe nye - bab bentrokan tersebut. Se - jum lah alat bukti berupa sen - jata tajam, potongan bambu su dah diamankan. Pihaknya juga sedang mengumpulkan saksi-saksi yang mengetahui ke jadian tersebut untuk di - mintai keterangan.

“Kami masih meminta ke te - ra ngan pihak yang me nge ta hui kejadian tersebut. Untuk saat ini situasi sudah kembali kon - dusif, karena kami sudah me - ngamankan lokasi,” ka ta nya.

Nilakusuma

Berita Lainnya...