Edisi 12-10-2016
Warga Minta Penyesuaian Harga Lahan


SUMEDANG- Sebanyak 67 pe - milik lahan seluas 8,2 ha (hek - tare) di Desa Karedok, Kec - amatan Jatigede, Kab up a ten Sumedang, meminta per bai - kan harga ganti rugi lahan yang akan dibebaskan untuk pro yek Pembangkit Listrik Te naga Air (PLTA) Waduk Ja ti ge de.

Kepala Desa Karedok Intab Wi karya mengatakan, per bai - kan harga tersebut sebagai gan ti rugi karena lahan pro - duk tif tersebut tidak bisa di - man faatkan selama tiga tahun pascarencana pembebasan lahan untuk PLTA tersebut di - gu lirkan pemerintah. “Namun hingga tiga tahun ini, lahan warga yang tidak bisa di - garap karena masuk rencana proyek PLTA ini tak kunjung dibebaskan.

Karena itu, saat ini warga minta perbaikan harga dari penawaran awal yang di - sampaikan PT PLN,” ujarnya di - temui KORAN SINDOdi In duk Pusat Pemerintahan (IPP) Ka bu - pa ten Sumedang, ke ma rin. Selama ini, kata dia, warga ma sih bersabar menunggu la - han nya untuk di-PH (pe le pa - san hak) dan tidak menggarap la han sawahnya karena di jan ji - kan akan segera dibebaskan.

“Selama masa tunggu tiga ta hun ini warga berharap ada ke nai kan sekitar Rp500.000/ - ba ta. Pe nawaran awal dari PLN Rp3,6 juta, sedangkan ke ingi - nan war ga, lahan mereka di be - bas kan di ki sa ran harga Rp4,1 ju ta/bata sam pai Rp4,4 ju - ta/bata,” tu tur nya.

Penyesuaian harga ter se - but, kata dia, bila di ban ding - kan dengan kerugian yang di - ala mi warga karena harus me - re lakan hasil panen dalam ku - run 3 tahun ini memang tidak se banding. “Kalau lahan digarap, da lam satu tahun warga bisa me raih hasil dari 3 kali panen. Ini su dah tiga tahun, jadi warga se lama ini su dah bersabar de ngan me re la - kan 9 kali panen ka rena tahu la - han akan dibebaskan.

Jadi per - min taan ini bukan hal yang me - nga da-ada. Jadi penyesuaian har ga yang diminta ini bukan ber arti war ga minta kenaikan har ga, tapi sebatas penye - suaian un tuk pengganti lahan,” se but nya. Oleh karenanya, lanjut dia, warga berharap pihak PT PLN bi sa segera melakukan PH se - suai dengan pengajuan pe nye - suaian harga yang diharapkan oleh warga.

aam aminullah

Berita Lainnya...