Edisi 12-10-2016
Gua Pindul Ditutup Sementara


GUNUNGKIDUL – Sejumlah operator di objek wisata Gua Pindul membuat kesepakatan untuk menutup sementara objek wisata yang ada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul tersebut.

Langkah ini dilakukan sebagai wujud dukacita atas tewasnya pemandu wisata senior, Giyo yang melakukan aksi nekat menyelam tanpa dilengkapi peralatan standar. Koordinator Pokdarwis Dewabejo Bagyo mengungkapkan, hingga kemarin suasana duka masih menyelimuti semua operator di Gua Pindul.

Untuk itu, sejak tenggelamnya pemandu handal milik pokdarwisnya tersebut, semua sepakat menutup objek wisata Gua Pindul. “Kami akan tutup hingga besok (hari ini),” katanya, kemarin. Dengan penutupan ini, suasana di objek wisata andalan Gunungkidul tersebut terlihat sepi. Di mulut gua juga tidak nampak aktivitas warga. Begitu juga dengan masingmasing operator yang nampak sepi.

Padahal hari-hari biasa, suasana begitu ramai karena selalu ada pengunjung yang mendatangi objek wisata susur gua dengan panjang lintasan mencapai 300 meter tersebut. Anggota pemasaran Tunas Wisata Joko mengatakan, setelah ditemukannya jasad Giyo, seluruh operator sepakat untuk melakukanmasaberkabungdengan melakukan penutupan jasa pelayanan wisata selama dua hari.

Dengan kesepakatan ini, seluruh operator tidak bisa melayani pengunjung untuk melakukanpenyusurandiobjek tersebut. “Wisatawan kami alihkan ke susur Sungai Oya dan masuk GuaGelatik. Namunkalautidak maudansudahterlanjurmemesan tiket, maka uang kami kembalikan penuh,” ujar Joko.

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, kasus tewasnya pemandu wisata tersebut hendaknya menjadi catatan dalam pengelolaan Gua Pindul. Ke depan, dia meminta operator benar-benar memperhatikan keselamatan baik wisatawan maupun pemandu wisata.

“Tidak boleh lagi ada aksi penyelaman tanpa peralatan memadai. Meskipun piawai menyelam dan berenang, kalau terjadi kecelakaan paling tidak masih bisa selamat dengan peralatan yang memadai. Untuk itu semua operator juga harus memberikan kelengkapan peralatan pemandu wisata.,” katanya.

suharjono

Berita Lainnya...