Edisi 12-10-2016
94 Pama Polrestabes Medan Masuk Gerbong Mutasi


MEDAN - Gerbong mutasi perwira pertama (pama) di lingkungan Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Medan, bergulir. Sebanyak 94 pama dari berbagai pos jabatan dirotasi dan mendapat jabatan baru.

Kapolrestabes Medan Komisaris Besar (Kombes) Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengeluarkan surat telegram (ST) tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polrestabes Medan tersebut. Dalam surat telegram bernomor ST/103/X/2016 tertanggal 10 Oktober 2016 yang ditandatangani Wakil Kapolrestabes Medan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mahedi Surindra itu terlihat puluhan nama-nama polisi perwira pertama yang mendapat rotasi dan promosi jabatan baru.

Berbagai kalangan pun mengingatkan meskipun mutasi dan rotasi ini adalah yang wajar dalam tubuh Polri, namun harus dibarengi target penuntasan kasus yang selama ini tersendat. Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) Sumatera Utara (Sumut), M Sa’i Rangkuti, menilai, mutasi sejumlah perwira memang sudah sewajarnya dilakukan. Namun yang paling penting dari mutasi itu bagaimana pejabat yang baru mampu menuntasan kasus yang selama ini tersendat.

“Mutasi bukan hanya sekedar mutasi saja. Namun, pemutasian dibarengi pengungkapan kasus. Apalagi kasus yang belum diungkap penyidik. Tentu publik banyak berharap laporan atas pidana yang dialaminya segera diungkap,” ujar Rangkuti. Dia juga menambahkan, pemutasian sejumlah perwira pertama di jajaran Polrestabes Medan ini juga menjadi pelecut semakin maksimal dalam bekerja “Saya kira masyarakat juga setuju dengan pendapat saya.

Masyarakat berharap pemutasian ini semakin membuat perwira polisi maksimal dalam kinerjanya. Begitu juga laporan ataupun pengaduan masyarakat harus direspons meski selama ini pengungkapan kasus berawal dari laporan masyarakat,” tuturnya. Hal yang sama disampaikan Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane.

Neta mengatakan, setelah mutasi maka secepatnya melakukan gebrakan, paling tidak untuk membenahi internal masingmasing. Kemudian yang paling utama adalah meningkatkan pelayanan kepolisian kepada publik. “Dalam hal pimpinan Polrestabes Medan diharapkan dapat segera membenahi Polri dan mempercepat revolusi mental di jajaran aparatur penegakan hukum itu.

Prioritas utama kedua adalah membenahi sistem pendidikan Polri, mewujudkan rekrutmen berbasis kompetensi dengan assesment sistem, memperkuat sistem pengawasan internal agar aparatur Polri bekerja on the track, dan tidak mengecewakan publik,” ujar Neta. Neta juga mengingatkan perwira yang tidak becus dalam menjalankan tugasnya jangan segan-segan untuk dicopot dari jabatannya.

“Jajaran Polri jangan membuat kecewa masyarakat, sebab masyarakat saat ini menaruh harapan yang sangat besar pada Kapolri saat ini Jenderal Pol Tito Karnavian,” ungkapnya Dia melihat upaya pembenahan sedang dipersiapkan bukan hanya untuk perwira pertama saja. Mutasi untuk perwira menengah (pamen) untuk posisi strategis juga sedang disiapkan.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, pun meminta semua anak buahnya yang dirotasi dan promosi segera menyesuaikan diri pada masing-masing jabatan yang diamanatkan. “Jika ada yang perlu dibenahi dari pejabat lama, silakan diubah secara signifikan,” katanya. Mardiaz juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi yang sudah diberikan para perwira selama menjabat.

Terutama mereka yang telah memberikan sumbangsih pikiran serta tenaganya demi kemajuan tugas dan kinerja kepolisian. Dia menilai, pemimpin dikatakan berhasil bukan dinilai pada jabatanya saja. Melainkan dari sikap dan apa yang ditinggalkan untuk diteruskan perjuangannya. “Jika di tempat lama sudah bagus silakan dikembangkan dan diteruskan di tempat baru. Ini masa penyegaran anggota,” sebutnya.

Adapun beberapa perwira pertama yang dimutasi di antaranya Iptu M Syarif Ginting Kanit Reskrim Polsekta Medan Timur diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit Idik 3 Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan; AKP Wisnugroho Tri Hartanto Kanit Idik 4 Satuan Reskrim Polrestabes Medan menjadi Pama Polrestabes Medan dalam rangka Pendidikan PTIK (Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian) 2016.

Lalu, AKP Adhi Putranto Kanit Reskrim Polsekta Medan Baru, diangkat sebagai Pama Polrestabes Medan dalam rangka Pendidikan PTIK 2016; Iptu Syahril Siregar Kanit Reskrim Polsekta Medan Barat diangkat dalam jabatan baru sebagai Panit 2 Unit Reskrim Polsekta Patumbak.

Kemudian, AKP Alma Fridoki, Wakasatres Narkoba Polrestabes Medan diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit Idik 5 Sat Reskrim Polrestabes Medan; AKP Ismawansa Kanit Binkamsa Satuan Binmas Polrestabes Medan diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit Idik 2 Satuan Reskrim Polrestabes Medan; serta Iptu Rachmad Aribowo Kanit Idik 2 Satuan Reskrim Polrestabes Medan diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Kanit Idik 1 Satreskrim Polrestabes Medan.

dody ferdiansyah

Berita Lainnya...