Edisi 12-10-2016
Kantor Panwascam Padang Hulu Kena Gusur


TEBINGTINGGI - Sejaktigabulan beroperasi, ternyata anggaran panitia pengawas pemilih (panwaslih) di Kota Tebingtinggi tidakjelas. Akibatnya, KantorSekretariat Panwascam Kecamatan Padang Hulu di Jalan AMD Kota Tebingtinggi kena gusur alias diusir oleh pemilik rumah.

Pemilik rumah mengusir karena pihak Panwascam tidak membayar uang sewa yang dijanjikan. Akhirnya pemilik rumah melarang semua pegawai dan petugas Panwascam Padang Hulu Kota Tebingtinggi masuk ke kantornya. Ketuan Panwascam Padang Hulu, Mahmud Husein Harahap kepada wartawan mengatakan, pihaknya sudah memberikan uang panjar Rp1 juta dan sesuai kesepakatan dengan pemilik rumah harus dilunasi tiga bulan.

Namun, Panwascam tidak memiliki anggaran karena belum cairnya anggaran dari Pemko Tebingtinggi, sehingga menunggak pembayaran sewa dan ATK. “Lebih parah lagi, sudah tiga bulan ini mulai bulan Agustus sampai September, seluruh honor petugas Pawascam di se- Kota Tebingtinggi belum dibayarkan.

Terus terang saja, bagaimana kami bisa kerja secara maksimal,” tandas Mahmud. Menanggapi hal itu, Ketua Panwaslih Kota Tebingtinggi Muhammad Idris didampingi Huriadi Panggabean dan Marwan mengakui anggaran Panwaslih Kota Tebingtinggi pencairan tahap kedua sudah tiga bulan ini tidak keluar.

Alasannya ada ketakutan dari pihak Pemko Tebingtinggi karena Plh Wali Kota Tebingtinggi, yaitu Sekdako Johan Samose tidak ada kewenangan untuk mencairkan anggaran Panwaslih sebelum adanya Plt ataupun Pj di Kota Tebingtinggi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Safrida Rahmawati SH melalui via telepon menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktur Keuangan Departemen Dalam Negeri (Depdagri) menyatakan bahwa pihak Pemko Tebingtinggi tidak boleh menghalanghalangipencairandanaanggaran Panwaslih Kota Tebingtinggi.

perayudi syahputra

Berita Lainnya...