Edisi 12-10-2016
Pembangunan Medan Harus Sesuai RPJMD 2016-2021


MEDAN– Pembangunan Kota Medan lima tahun ke depan harus sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan 2016-2021. Soalnya, RPJMD tersebut merupakan terjemahan dari visi misi pembangunan Kota Medan yang telah disepakati bersama antara eksekutif dan legislatif.

“Pembangunan Kota Medan kedepan harus sesuai RPJMD,” papar Ketua Panitia Khusus (Pansus) RPJMD Kota Medan, T Bahrumsyah saat rapat paripurna tentang penyampaian laporan Pansus RPJMD, pendapat fraksi-fraksi dan penandatanganan/pengambilan keputusan DPRD Kota Medan di Gedung DPRD Kota Medan, Selasa (11/10).

Dalam rapat paripurna tersebut, seluruh fraksi menyetujui Ranperda RPJMD Kota Medan 2016-2021 itu ditetapkan menjadi Perda Kota Medan tahun 2016. Mewakili Fraksi PDIP, Daniel Pinem mengungkapkan delapan program skala prioritaswalikotadanwakilwali kota Medan sudah sesuai dengan visi dan misi wali kota dan wakil wali kota Medan untuk mewujudkan Kota Medan menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.

Kedelapan program itu, yakni pembangunan infrastruktur, menyediakan akses pendidikan dan kesehatan gratis, penataan pasar tradisional, menjaga dan meningkatkan toleransi beragama, pelayanan administrasi kependudukan gratis, meningkatkan sistem keamanan, menyediakan iklim investasi yang cepat dan menambah fasilitas publik.

“Kami meminta program- program tersebut dapat diterapkan,” paparnya. Mewakili Fraksi Golkar, T Eswin mengungkapkan pembangunan Kota Medan tidak cukup dengan perencanaan yang baik, namun memerlukan kerja dan praktik nyata. Ranperda RPJMD Kota Medan 2016-2021 yang telah disepakati bersama itu harus menjadi acuan bagi Pemko Medan dalam membangun Kota Medan lima tahun ke depan.

Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin mengungkapkan, untuk mengimplementasikan RPJMD Kota Medan 2016- 2021 itu, seluruh stakeholder harus konsisten dengan mengutamakan program prioritas. “Saya mengajak seluruh stakeholder untuk menjadikan RPJMD Kota Medan ini sebagai pedoman dalam menyusun rencana kerja sampai tahun 2021,” ucapnya.

dicky irawan

Berita Lainnya...