Edisi 12-10-2016
Polres Sergai Siapkan Sistem Pengaduan Online


SERDANGBEDAGAI - Kepolisian Resor (Polres) Serdangbedagai (Sergai) membuat terobosan untuk mempermudah pelayanan kepada warga. Dalam waktu dekat, warga nantinya bakal lebih mudah menyampaikan pengaduan tindak kriminaldanlebihcepatmendapat tanggapan dari polres.
Warga tidak perlu mendatangi mapolresdiSeiRampah, cukupdari rumah maupun tempat kejadian perkara (TKP). Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Sergai akan segera menerapkan aplikasi online. Rencana penerapan aplikasi berbasis internet ini menjadi salah satu agenda kerja yang disampaikan Kapolres Sergai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Eko Suprihanto ketika coffee morning bersama sejumlah wartawan di Aula PatriatamaPolresSergai, Selasa(11/10).

“Program yang dalam bulan ini akan segera direalisasikan merupakan bentuk komitmen Polres Sergai memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) secara maksimal kepada warga,” ujar AKBP Eko Suprihanto didampingi Kasubbag Humas Polres Sergai, AKP Jasmoro.

Menurut dia, selain SPK yang secara manual tetap beroperasi, beragam pengaduan via online yang akan ada di aplikasi Playstore tersebut akan tersambung ke unit Police Informatian Center (PIC). Fasilitas pusat operasi berbasis informasi teknologi (IT) sebagai pengendalian kamtibmas seluruh wilayah hukum Sergai ini pun terpantau langsung oleh kapolres, sehingga dipastikan begitu laporan masuk dapat segera ditanggapi dan cepat meluncur ke TKP.

“Ini quick respons time. P ersonel bisa dipacu karena saya sendiri yang memonitornya,” ungkap AKBP Eko Suprihanto. Penerapan IT di Polres Sergai seiringdioperasikannyafasilitas PIC yang diresmikan Bupati Sergai Soekirman bersama Wakilnya Darma Wijaya, serta Kapolres AKBP Eko Suprihanto pada Agustuslalu.

FasilitasPICditempatkan di dedung eks barak lajangDalmas. Ditempat initerdapat beragam peralatan IT, mulai dari layar monitor, Wi-Fi , dan alat teknologi informasilainnya. Selain mengoperasionalkan traffic management center (TMC), video conference , fasilitas PIC sekaligus sebagai pusat operasi kamtibmas di wilayah hukum Sergai.

erdian wirajaya

Berita Lainnya...