Edisi 12-10-2016
Pupuk Persaudaraan Penggalang Pramuka


MEDAN –Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (Kwarran) Medan Amplas menggelar lomba tingkat (LT) II di The Le Hu Garden Patumbak. Kegiatan itu bertujuan untuk memupuk persaudaraan dikalangan para penggalang pramuka dan meningkatkan kemampuan anggota pramuka.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (8/10) – Minggu (9/10) berlangsung cukup meriah. Peserta yang datang tidak kurang dari 168 anggota pramuka penggalang yang terdiri atas 21 regu utusan 11 pangkalan gugus depan yang ada di wilayah Kwarran Medan Amplas. Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan, Muhammad Husni, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar anggota pramuka memiliki prestasi melalui berbagai kegiatan yang dilakukan.

Lomba tersebut bisa dijadikan ajang untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dari utusan gugus depan. “LT II ini bertujuan membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan berupa janji tri satya dan dasadarma pramuka. Selain itu juga menjadi ajang silaturahmi dalam meningkatkan kebersamaan dan kekompakan,” kaa Husni kepada wartawan di Medan, Selasa (11/10).

Peserta LT II ini nantinya akan mewakili kwartir ranting menuju LT-III yang akan diselenggarakan Kwarcab Kota Medan pada November mendatang. Karena itu, Husni berpesan selalu berpesan agar peserta LT berlaku sportif dan bersungguh- sungguh dalam mengikuti setiap lomba.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka (Mabiran) Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi, yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan pesan untuk senantiasa mengutamakan sifat kekeluargaan dan pertemanan. Hal tersebut dinilai sangat penting dalam setiap kegiatan yang diikuti anggota pramuka.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Kita selalu menekan jangan sampai kompetisi menjadi ajang perpecahan, justru harus menjadi ajang persatuan. Sebab, di sini kita diajarkan lebih kompak dan cermat,” ujar Zulfakhri yang juga Camat Medan Amplas.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana LT II Medan Amplas, Ridwan, melaporkan berbagai dalam LT-II Medan Amplas 2016 di antaranya Lomba Tata Upacara Bendera (LOTUP), Hasta Karya, Ketatalaksanaan Regu, Pioneering, Penjelajahan, Pidato, Ketapel, Paduan Suara, Lomba Cerdas Tangkas Pramuka dan Wawasan Kebangsaan, serta Kebersihan dan Korve Tenda.

“Rencananya pramuka penggalang di Kwarran Medan Amplas juga akan melakukan kegiatan latihan gabungan yang dikemas dalam bentuk outward bound,” pungkasnya.

irwan siregar

Berita Lainnya...