Edisi 12-10-2016
Satgas Narkoba Medan Segera Dibentuk


MEDAN– Satuan Tugas (Satgas ) Narkoba Kota Medan akan dibentuk untuk memutus peredaran dan pengguna narkoba. Selama ini BNN belum terbentuk di Kota Medan karena masih banyak persyaratan dan kelengkapan belum terpenuhi.

“Nilai Kota Medan masih 71 sedangkan yang dibutuhkan untuk pembentukan BNN Kota Medan harus 80. Kota Medan harus terus memacu melengkapi syarat, kelengkapan dan pendataan yang lebih maksimal terhadap pecandu narkoba di Kota Medan,” ungkap Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara (Sumut) Brigjend Pol Andi Leodianto saat bertemu Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, di rumah dinas wali kota Medan, Selasa (11/10).

Andi juga menjelaskan, pentingnya penyegeraan pembentukan satgas ini mengingat peredaran narkoba semakin marak. Padahal sekitar 80% bandar dan pengedar narkoba telah ditangkap. Satgas Narkoba bertugas memetakan peredaran dan pengguna narkoba. Selain itu, melakukan pencegahan, pemberantasan dan merehabilitasi pengguna narkoba.

Satgas Narkoba tidak boleh menerima dana hibah dalam pelaksanaan tugasnya karena anggaran tersebut sudah ada di masingmasing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini mengingat semua SKPD berperan dalam mencegah dan memberantas bahaya narkoba ini. “Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) 80% adalah kasus narkoba.

Selain itu, sebanyak 350.000 orang dari mulai usia 10 sampai 50 tahun di Sumatera Utara terkena narkoba,” ucapnya. Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menyambut baik pembentukan Satgas Narkoba Kota Medan. Dia meminta usai pertemuan ini, para pimpinan SKPD melakukan pertemuan dengan BNN Sumut sehingga nantinya tugas-tugas tiap SKPD dapat diketahui dan dianggarkan.

Semua SKPD diharapkan memanfaatkan Satgas Narkoba untuk mencegah dan memberantas narkoba di Medan. “Kita sudah dua tahun lalu mengusulkan pembentukan BNN Kota Medan. Mungkin ada persyaratan yang belum terlengkapi seperti jumlah data pecandu, dan lainnya. Nantinya kami akan mengumpulkan data-data ini,” pungkasnya.

reza shahab

Berita Lainnya...