Edisi 12-10-2016
60% Gedung SD Rusak Berat


PALEMBANG-Usai peralihan SMA dan SMK ke Provinsi Sumsel, membuat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang dapat memfokuskan diri pada perbaikan fasilitas pendidikan dasar (dikdas).

Seperti yang diungkapkan Ka - dis dikpora Kota Palembang, Ah - mad Zulinto, kemarin. Me nu - rutnya, saat ini pihaknya mem - prioritaskan perbaikan pada tingkat sekolah dasar (SD) yang berada di daerah perairan atau - pun rawa-rawa.

“Setelah peralihan, kita akan fo kus perbaikan dan mening - kat kan berbagai fasilitas pem - be la jaran bagi siswa terutama pada tingkat SD yang berada di daerah rawa. Saat ini terdapat 60% SD mengalami rusak be - rat,” ujarnya. Zulinto menambahkan, jika se lama ini fokus perbaikan ter - ba gi dalam tiga tingkatan, yakni SMA/SMK, SMP dan SD, na - mun dengan adanya peralihan fokus perbaikan tersebut, maka fokus perbaikan semakin se di - kit yakni hanya pada jenjang dikdas saja.

“Jumlah sekolah tingkat SMP lebih sedikit diban ding - kan jumlah SD. Selain itu, jum - lah sekolah yang mengalami rusak masih banyak dialami oleh SD terutama yang berada di daerah rawa-rawa,” katanya. Lebih lanjut dia men je las - kan, pembiayaan pembangunan tersebut akan dianggarkan melalui APBD Kota Palembang yang direalisasikan pada 2017.

Meskipun secara perlahan dan dibagi dibeberapa sekolah disetiap kecamatannya, namun pihaknya tetap optimistis pro - ses perbaikan akan berjalan dengan baik dan berkelanjutan hingga pada tahun mendatang. “Nanti setiap kecamatan akan kita bangun (perbaiki) tiga SD terlebih dahulu setiap ta hun - nya.

Denganbegitusetiaptahun - nyasemakinsedikitse kolahyang akan diperbaiki,” katanya. Sementara itu, Kepala SDN 10 Palembang Haslinawati me - ngatakan, pihaknya sudah me - ngajukan proposal kepada Dis - dikpora Kota Palembang untuk pembangunan gedung kelas dua tingkat dan lapangan sekolah.

Pada September lalu telah mengajukan kembali proposal dan diwacanakan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penin - jau an lokasi oleh pihak Disdik - pora Kota Palembang. “Gedung lama sudah tidak layak lagi dan masih berdin - ding kan papan, serta belum ada la pangan sekolah. Nanti kita akan buat gedung baru se ba - nyak dua lantai dan buat la pa - ngan sekolah yang baru juga. Diharapkan proses pendidikan siswa bisa berjalan lebih baik lagi dengan adanya gedung dan lapangan baru,” ujarnya.

Karerek

Berita Lainnya...