Edisi 12-10-2016
AS Makin Serius Bantu Sumsel


PALEMBANG-Gencarnya pembangunan infrastruktur di Sumatra Selatan (Sumsel), menjadi daya tarik tersendiri bagi investor asing, khu sus nya Amerika Serikat (AS) un tuk terus menggali potensi yang ada di Sumsel. Gubernur Sumsel Alex Noer - din mengatakan, Provinsi Sumsel merupakan provinsi yang sudahtidakasinglagi dimataAS.

Sebab, saat ini sudah ba nyak perusahaan AS yang me ng in - vestasikan modalnya di wilayah Sumsel. “Kemarin saja mereka mem - bawa 13 orang, dan me reka mem bantu peralatan IT se - harga 2,5 juta dolar. Per a la t an itu merupakan bantuan untuk meyukseskan Asian Games 2018,” ungkap Alex usai per te - muan dengan Konsulat Jenderal Amerika Me dan di Griya Agung, kemarin.

Untuk itu, kata Alex, Pem - prov Sumsel terus mem pre sen - ta sikan potensi yang ada di Sum - sel yang menarik bagi investor. Terutama kawasan Tan jung Api-Api (TAA) yang di se but-se - but sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berada di Sumsel. ”Mereka (AS) sedang meng - ga rap mana yang cocok.

Me - mang nantinya tidak selu ru - hannya. Namun yang pasti se - mua akan makin maju,” ujar - nya.Konsulat Jenderal Ame ri ka Medan Juha P Salin me nga ta - kan, dalam waktu dekat pi hak - nya menjajaki kerja sama pe - ngembangam i n fra struktur dan teknologi yang di per siap - kan menjelang per h elatan eventAsian Games 2018.

”Saat ini sedang dijajaki be - be rapa perusahaan sesuai ka - pasitasnya untuk ikut ber par tisipasi mengembangkan investa si di Sumsel,” kata Juha. Namun, lanjut Juha, saat ini dirinya belum bisa men je las - kan perusahaan mana saja yang tertarik untuk mela ku kan in vestasi di Sumsel.”Yang pasti sejauh ini su dah ada respons po - sitif dari peru sahaan-peru sahaan yang ada di AS,” katanya.

Juha menambahkan, se mua potensi yang ada di Sum sel mem punyai peluang yang sa ma besar untuk menarik mi nat investor dari AS. Termasuk ju ga di bidang pari wisa ta. ”Semua ke mungkinan itu ada, mengingat Sumsel ber potensi juga di bidang pariwisata,” ucapnya. Oleh karena itu, Juha me - nga takan, pihaknya akan terus menggiring perusahaan AS untuk berinvestasi di Sumsel.

”Kita serius membantu Sum sel dalam pembangunan. Ka re na itu, kita akan giring dan mencoba meyakinkan peru sahaan tersebut untuk ikut mem - bangun Sumsel melalui in ve s - tasi yang sesuai dengan ka pa si - tas mereka,” katanya. Apalagi upaya Pemprov Sumsel memerangi kebakaran lahan dan menjaga lingkungan luar biasa.

Tentunya hal itu men jadi perhatian khusus AS untuk ikut membantu Sumsel. ”Jadi kita fokus juga mem - bantu Sumsel untuk men ja ga ke - lestarian alamnya seper ti yang telah dilakukan dan di pa par kan Gubernur Sumsel,” ujar nya.

adi haryanto

Berita Lainnya...