Edisi 12-10-2016
Bubur Suro Ludes Dalam 1 Jam


PALEMBANG–Seperti peringatan 10 Muharam tahun-tahun sebelumnya, ra - tusan warga terutama anak-anak me - nyer bu bubur suro yang dibagikan Ya ya - san Majelis Taklim Raudhatul Ilmi di Jalan Kms Abdullah Azhari, Kelurahan 12 Ulu, kemarin.

Dalam satu jam saja sejak pem - bagian di pukul 13.00 WIB, bubur suro yang dimasak di 15 da lung atau periuk besi lang - sung tandas tak bersisa. Warga meyakini, rasa bubur suro lebih nikmat diban ding - kan bubur lainnya. Apalagi di - beri kan secara gratis. Maryamah, 56, warga 12 Ulu mengatakan, pembagian bubur suro ini selalu diadakan setiap ta - hun di kediaman Ustaz Taufik Has nuri selaku pembina ya ya - san.

Dia memastikan, yang da - tang bukan hanya warga se tem - pat seperti dirinya, tapi warga dari kelurahan lain yang juga ingin mendapatkan berkah dari bubur suro. “Buburnya dibuat hanya di 10 Muharam, yang seenak ini tidak ada lagi, mungkin karena ada bumbu rahasia,” ucapnya. Pembina Yayasan Majelis Tak lim Raudhatul Ilmi, Ustaz Ahmad Taufik Hasnuri men je - las kan, bubur suro ini ber mak - na bubur kebahagiaan bagi anak yatim.

Sebab, 10 Muharam dikenal sebagai Hari Anak Yatim dalam Islam. “Momen 10 Muharam kita ja dikan sarana memba hagia - kan orang lain, khususnya anak yatim,” katanya. Pembuatan 5.000 porsi bu - bur suro ini, menurut Taufik, mem butuhkan 80 kg daging sapi, 200 kg bawang, 200 kg ken - tang, dan 30 karung beras.

Di - ma sak menjadi satu yang men g - ha biskan waktu cukup lama. “Di masak dari pukul 06.00–10.00 WIB,” ucapnya. Selainpembagianbubursuro, di lokasi yang sama juga ada pembagian santunan ke pa da warga fakir miskin serta anak yatim. “Ini merupakan titipan dari orangatauhambaAllah, saya hanya membagikan,” katanya.

yulia savitri

Berita Lainnya...