Edisi 12-10-2016
Terdakwa Pembunuhan Divonis Bebas


SEKAYU- Agam Firdaus, 19, terdak - wa kasus pembu - nuh an divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sekayu, kemarin. Jak sa penuntut umum (JPU) yang menuntut terdakwa dengan 12 tahun penjara pun meng - ambil langkah kasasi.

Dalam putusannya, majelis ha - kim yang diketuai Arlen Veronica menegaskan, berdasarkan faktafakta persidangan, menyatakan terdakwa Agam Firdaus yang me - rupakan warga Kecamatan Ran - tau Bayur, Banyuasin, tidak ter - bukti secara sah dan meyakinkan melanggar dakwaan primer Pasal 338 jo 55 ayat 1 KUHP dan dak - waan subsider Pasal 351 ayat (3) jo 55 KUHP.

“Terdakwa tidak bersalah dan nama baik terdakwa harus dipu - lih kan dalam keadaan semula. Membebaskan terdakwa dari hu - kuman pidana segera setelah putusan ini dibacakan, dan mem - bebankan negara membayar bia - ya perkara,” ujar Arlen dalam pu - tusannya, kemarin. Menanggapi putusan terse - but, penasihat hukum terdakwa, Bustanul Fahmi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi putusan yang dijatuhkan majelis hakim.

Dikarenakan, selama per - sidangan terdakwa tidak terbukti memenuhi unsur-unsur pasal yang didakwakan JPU. Sebab, kata Fahmi, saat peris - ti wa pembunuhan terjadi terha - dap korbannya Musaidin, ter - dakwa tidak melakukan apapun. Bahkan tidak ada saksi yang me - lihat terdakwa melakukan peng - aniayaan dan pembunuhan.

Ada - pun penganiayaan terhadap kor - ban dilakukan kakak terdakwa yakni Fery Fadli yang telah di - vonis 10 tahun penjara. “Fakta persidangan tidak terbukti, ka - rena bukan pelaku yang mela - kukan tindakan (pembunuhan) tersebut,” kata dia. Atas putusan ini, pihaknya juga akan meminta rehabilitasi na ma baik pelaku.

Karena me - mang tidak terbukti melakukan tindakan pembunuhan. “Kita sa ngat mengapresiasi putusan ini,” kata Fahmi saat di - dampingi pe nasihat hukum lain - nya yakni Deli Ardiansyah dan Roy Lifriandi Sementara itu, Jaksa Penun - tut Umum (JPU) Apriansyah mengatakan, pihaknya akan me - ngambil upaya hukum lain yakni kasasi.

Dalam sidang sebelum - nya, JPU menuntut terdakwa Agam dengan tuntutan 12 tahun penjara. Pasalnya, JPU menilai terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar dakwaan primer Pasal 338 jo 55 ayat 1 KUHP.

amarullah diansyah

Berita Lainnya...