Edisi 12-10-2016
Pemkab Sewakan Gedung Serbaguna


GUNUNGKIDUL – Pemkab Gunungkidul akan menyewakan lahan Gedung Serbaguna Siyono untuk dibangun pusat jajan (food court).

Ironisnya, rencana tersebut tanpa melibatkan pihak legislatif. Sekretaris Komisi B DPRD Gunungkidul Arif Wibowo mengungkapkan, dirinya sempat heran dengan banyaknya material bangunan di kompleks gedung bekas pasar sapi tersebut. Dari informasi yang didapatkan, material tersebut akan digunakan untuk membangun food court. “Terus terang ini membuat kami heran.

Alasan Pemkab itu apa menyewakan lahan di gedung serbaguna untuk pihak ketiga guna dibangun food court,” katanya kemarin. Mestinya Pemkab memiliki perencanaan yang jelas. Dia kemudian menyebutkan pembangunan taman kuliner yang masih banyak menyisakan persoalan bagi pedagang. Hal itu tidak dicarikan solusi, namun justru malah memberikan izin kepada pihak ketiga untuk membangun food court di lokasi yang strategis. Menurutnya, rencana Pemkab tersebut salah.

Alasannya, ketika membangun taman kuliner, Pemkab beralasan untuk menata kawasan alun-alun dan menyediakan tempat representatif bagi pedagang. “Kenyataannya, penataan taman kuliner justru semrawut. Hal ini diperparah dengan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga membangun foodcourt,” ujar politikus PKS ini. Semestinya, kata Arif, Pemkab melindungi para pedagang pindahan dari alun-alun yang hingga kini omzet pendapatannya menurun dibandingkan sebelumnya.

Perlindungan ini bisa dilakukan dengan penataan yang lebih baik. Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Heri Kriswanto. Menurutnya, kalau memang hal tersebut benar adanya, maka harus digagalkan.

Pihaknya beralasan kalau rencana membangun food court di lahan tersebut dilanjutkan, akan mematikan usaha kuliner di taman kuliner. “Kami akan panggil Pemkab untuk membahas hal ini. Sebelum jauh dibangun harus digagalkan,” katanya. Jika menurut perencanaan awal, kata Heri, semestinya kompleks tersebut dibangun sebagai pusat kerajinan masyarakat Gunungkidul

suharjono

Berita Lainnya...