Edisi 12-10-2016
Pemkot Magelang Beli Mobil Toilet Keliling Rp185 Juta


MAGELANG – Inovasi terus di la kukan Pemerintah Kota (Pem kot) Magelang, demi me - ning katkan pelayanan kepada ma syarakat.

Terobosan yang di lakukan kali ini dengan pe - nga daan mobil toilet keliling se harga Rp185 juta. Nantinya mo bil toi let keliling tersebut akan di le tak kan di sejumlah lokasi stra tegis di Kota Magelang. Kepala Dinas Kebersihan Per ta manan dan Tata Kota (DKPTK) Kota Magelang Arif Barata Sakti mengatakan, pe - nga daan mobil toilet keliling ter sebut untuk memenuhi ke - butuhan masyarakat.

Pengada - an mobil toilet keliling ini di la - ku kan mengingat setiap digelarnya sejumlah event-event yang melibatkan orang banyak terpaksa menyewa mobil toilet dari daerah lain. “Keberadaan mobil toilet keliling ini nantinya bisa digunakan untuk event-event, baik budaya, pariwisata maupun titik-titik keramaian,” kata Arif di sela-sela peresmian mobil toilet keliling di halaman belakang Pemkot Magelang, kemarin.

Di selasela peresmian tersebut, hadir pula Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Wakil Wali Kota Windarti Agus ti na, Sekda Kota Sugiharto, mau pun pejabat teras pemkot lainnya. Menurut Arif, dalam ke - sem patan tersebut belum me - ru muskannya jika mobil toilet ini di sewa pihak swasta.

“Kami be lum merumuskannya. Un - tuk itu, perlu mengubah Perda tentang Retribusi daerah kalau me mang ada yang menyewanya,” kata Arif. Adapun di dalam mobil toilet keliling tersebut, kata Arif, terdapat dua ruangan toilet jong kok, tempat sampah, was - ta fel dan cermin. Selain itu, di - sediakan pula ember untuk me - nampung air. Untuk dua ruang - an tersebut, nantinya satu ru - angan untuk laki-laki dan satu - nya lagi bagi perempuan sesuai dengan tanda di masing-masing pintu toilet tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, pengadaan mobil toilet keliling tersebut dila ku - kan untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan prima kepada masyarakat. Pengada - an mobil ini sebagai terobosan kreatif untuk cerminan Kota Cerdas dan benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat. “Awalnya kami jalan dulu.

Kami lihat ke depan pelaksanaannya. Operasional diutamakan di tempat-tempat ramai tapi jauh dari toilet,” kata Sigit. Jika nantinya dalam praktiknya menunjukkan hasil yang positif, kata Sigit, maka akan ditambah lagi dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Hal ini didasarkan dengan PAD di Kota Magelang yang cukup ting gi, pihaknya mengaku, ti - dak kesulitan untuk menganggarkan pengadaan serupa demi meningkatkan fasilitas publik kepada warga masyarakat.

“Un tuk pengadaan mobil toilet ini, pengadaannya mudah, ting gal pesan dan dananya ada. Tapi, yang terpenting itu sebenarnya menjaga dan kontinui - tasnya,” kata Sigit. Sigit berharap, meski baru me miliki satu unit, namun nan tinya bisa menjangkau se - lu ruh wilayah Kota Magelang yang membutuhkannya. Ter - ma suk pula di sejumlah lokasi publik yang ramai dan didata - ngi warga masyarakat.

eko susanto







Berita Lainnya...