Edisi 12-10-2016
Pencurian Listrik Masih Sulit Teratasi


YOGYAKARTA– PT PLN (Per - sero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY bersama Kepolisian Daerah DIY menandatangani nota kesepahaman penyelenggaraan pengamanan instalasi, aset, dan penindakan pencurian tenaga listrik serta tindak pidana usaha ketenagalistrikan di wilayah kerja PT PLN (Per - sero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

Nota kesepahaman ter - sebut salah satu bentuk kerja nya tanya dengan menggandeng stakeholder dalam menja lankan usaha ketenagalistrikan. Bertempat di Polda DIY, nota kesepahaman ini ditandata - ngani langsung oleh General Ma nager (GM) PT PLN (Per se - ro) Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Dwi Kusnanto dan Kepala Kepolisian Daerah DIY, Brigadir Jenderal Prasta Wahyu Hi da yat.

Dwi Kusnanto mengatakan, saat ini beberapa masalah ma - sih menjadi kendala yang belum terpecahkan oleh PLN sendiri. Misalnya masih banyaknya ke - cenderungan pemakaian listrik ilegal di masyarakat dan ku - rang nya pemahaman masyara - kat akan pentingnya instalasi lis trik. Terus adanya pencurian lis trik saat ini memang me ru gi - kan PT PLN dan masyarakat selaku pengguna.

“Kami sudah me lakukan berbagai upaya,” tuturnya. Penandatanganan nota ke - se pahaman ini bertujuan untuk meningkatkan dan menjamin koordinasi dalam usaha mewujudkan sinergi penyelengga ra - an pengamanan instalasi, aset dan penindakan pencurian te - na ga listrik serta tindak pidana usa ha ketenagalistrikan di wi la - yah kerja PLN DJTY, baik dalam pembangunan maupun pengoperasiannya.

Karena itu, dilakukan beberapa kesepakatan kerja sama yang meliputi penyelenggaraan pengamanan instalasi, aset, dan operasional kelistrikan yang dimiliki PLN di wilayah hu - kum Polda DIY, penindakan terhadap tindak pidana pencurian tenaga listrik dan tindak pidana usaha ketenagalistrikan serta aset milik PLN.

Selain itu, me la - lui kerja sama ini kedua belah pi - hak akan melakukan pening - kat an koordinasi dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pi dana di lingkungan PLN, me - lak sanakan koordinasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masya ra - kat akan pentingnya Instalasi te naga listrik serta pengaman - an dan melaksanakan asistensi, verifikasi dan audit sistem manajemen pengamanan oleh PLN kepada Polda DIY.

Kapolda DIY Brigjend Prasta Wahyu Hidayat mengatakan, dengan penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan PLN DJTY dapat dengan mu - dah bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian DI Yogyakarta. Keduanya akan saling membantu data-data yang dibutuhkan ketika terjadi pelanggaran.

erfanto linangkung

Berita Lainnya...