Edisi 12-10-2016
Perempuan Berperan Dalam Kelola Sampah


KLATEN – Produksi sampah tak lepas dari rumah tangga (RT) sebagai produsen sampah sehari-hari. Karena itu, pe rempuan memiliki peran penting untuk mengelola sam pah dimulai dari sampah ru mah tangga (RT).

Wakil Bupati (Wabup) Kla - ten Sri Mulyani mengatakan, pengelolaan sampah di rumah tangga menjadi solusi untuk permasalahan sampah di Kla - ten. Pengelolaan sampah ru - mah tangga dapat dimulai de - ngan pemilahan sampah or ga - nik dan anorganik. “Karena sampah plastik pa - ling banyak dari rumah tang - ga.

Sedangkan rumah tang ga ini kan kuncinya di ibu, karena ibu yang mengurus be lanja dan kebutuhan di dapur,” ka ta Mulyani seusai pengu mum an Lomba Desa/Ke lu rah an Ramah Lingkungan di Kan tor Bupati Klaten, ke ma rin.

Mulyani meminta, penge - lo laan sampah turut melibat - kan ibu rumah tangga melalui ke giatan Pembinaan Kese jahte raan Keluarga (PKK). Ibu ru - mah tangga dapat ambil ba gi - an dengan memilah sampah se belum dibuang ke tempat sampah. Sampah organik diolah menjadi kompos untuk meminimalisasi penggunaan pu puk kimia.

Sedangkan sampah kemasan plastik dapat di - ju al ke pengepul atau didaur ulang menjadi kerajinan ta - ngan. “Sampah dianggap barang bekas tanpa nilai. Padahal jika diolah kembali, dan menerapkan reduce, reuse, recycle (3R) maka sampah akan membe ri - kan manfaat. Sehingga volu - me sampah menurun dan ti - dak ada sampah plastik masuk ke TPA tempat pemrosesan ak hir (TPA).

Apalagi beberapa wak tu lalu Klaten darurat sampah,” kata Mulyadi. Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Ke pala Badan Lingkungan Hi - dup (BLH) Klaten Alwan Su - mar diyanto mengatakan, permasalahan sampah di tingkat bawah semisal desa/kelurah - an dapat ditangani dengan mem bentuk bank sampah.

Ter masuk mengubah pola pikir dan gaya hidup dalam rangka mengurangi penggunaan plastik. Guna meningkatkan kepe - du lian masyarakat terhadap ling kungan hidup, BLH meng - gelar Lomba Desa/Kelurahan Ramah Lingkungan pada 25 Juli-22 Agustus. Lomba diikuti 25 desa perwakilan dari 25 kecamatan.

Ada pun Lomba Desa/Ke - lu rahan Ramah Lingkungan di menangkan Desa Pakisan, Ke camatan Cawas sebagai Jua ra I. Kemudian Desa Kre - cek, Kecamatan Delanggu se - ba gai Juara II, dan Desa Ke mu - do, Kecamatan Prambanan Ju a ra III. Sedangkan pemenang Harapan I Desa Ka li te - ngah, Kecamatan Wedi, Ha - rap an II Desa Bero, Keca mat - an Trucuk, dan Harapan III Kelurahan Gergunung, Ke ca - matan Klaten Utara.

endah budi karyati

Berita Lainnya...