Edisi 12-10-2016
Akhirnya, 4 Jamaah Haji DIY Tiba di Yogyakarta


YOGYAKARTA –Empat jamaah haji asal DIY yang sempat tertahan di Arab Saudi akhirnya tiba di Tanah Air.

Rencana mangayubagyo kedatangan jamaah haji asal DIY akan digelar di Bang sal Kepatihan Yogyakarta, Sabtu (15/10) mendatang. Kepala Bidang Penyeleng garaan Haji dan Umrah Kantor Wi - layah Kementerian Agama (Ke - menag) DIY Noor Hamid mengatakan, keempat jamaah haji terlambat datang ke Tanah Air karena sejumlah persoalan.

Me - reka sebelumnya juga ter lam bat berangkat ke Tanah Suci. Hamid menjelaskan, dua ja - maah haji yang terlambat be - rang kat karena ada kesalahan visa atas nama Indriwati. Se - dang kan suaminya, Aruji Sis - wan to memilih berangkat ber - sa ma istrinya, sehingga kedua - nya terlambat berangkat. “Ke - dua nya berangkat bersama Klo - ter 49-SOC asal Tegal, karena terjadi kesalahan nama pada visa Indriwati.

Ini menyebab - kan mereka yang seharusnya ter bang bersama Kloter 25- SOC jadi terbang bersama Klo - ter 49-SOC,” katanya, kemarin. Akibat berangkatnya terlambat, maka kedatangannya juga terlambat. “Keduanya su - dah pulang pada 8 Okto - ber2016 bersama kloter SOC 49 Kabupaten Tegal.” “Landing di Bandara Adi su - mar mo pukul 01.40 dengan GA 6715,” katanya.

Selain itu, dua jamaah haji DIY lainnya yang sebelumnya masih sakit dan dirawat di ru - mah sakit di Arab Saudi, sudah di nyatakan layak terbang pu - lang. Dua jamaah haji tersebut adalah Abdul Fatah, asal Kloter SOC 27 Kabupaten Gunung ki - dul dan Partini Karta Pawiro da ri Kabupaten Bantul asal Kloter SOC-24.

Menurut Hamid, Abdul Fa - tah rencananya dipulangkan ke Tanah Air, Selasa 11 Oktober ber sama Kloter SOC 64 asal Pati Jawa Tengah dengan GA 6718. “Take off dari Madinah jam 17.30 waktu setempat dan diperkirakan landing di Ban da - ra Adisumarmo besok (hari ini) 12 Oktober 09.55 WIB,” kata dia. Berikutnya disusul Partini Karta Pawiro, yang menurut jad wal akan dipulangkan ber - sa ma ke Kloter 65 SOC gabung - an Kloter Kabupaten Rem - bang, Blora dan Jepara dengan no mor penerbangan GA-6617.

“Diperkirakan tiba di Bandara Adisumarmo Solo diperkira - kan pada Rabu tanggal 12 Ok - to ber 2016 pukul 17.10,” ka - tanya. Lebih lanjut, Hamid menjelaskan, secara umum laporan penyelenggaraan haji DIY 2016 adalah calhaj DIY yang diberangkatkan ke Tanah Suci berjumlah 2.480 orang. Me re - ka terdiri tujuh Kloter SOC 23 sampai 29. Berangkat dari tang gal 17 sampai 19 Agustus 2016.

Dari jumlah jamaah haji yang berangkat, empat orang me ninggal di Tanah Suci. Se - hingga jamaah yang kembali ke Tanah Air ada 2.476 orang. “Ke - da tangan dari tanggal 27 sampai 29 September 2016. Na - mun karena ada dua jamaah yang sakit menunggu layak terbang, sehingga bisa dipulang - kan pada 12 Oktober 2016,” kata Hamid.

Hamid mengungkapkan, kedatangan jamaah haji asal DIY ini dilakukan penyambutan mangayubagyo . Rencana mangayubagyo kedatangan ja - maah Haji DIY akan digelar Sab tu (15/10l bertempat di Ban g sal Kepatihan Yogya kar - ta. Acara dimulai pukul 08,00 sampai 12 WIB. “Rencananya juga akan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X,” ujarnya.

ridwan anshori

Berita Lainnya...