Edisi 12-10-2016
Warga Bugel Panjatan Gelar Sedekah Laut


KULONPROGO – Warga di pesisir Bugel, Panjatan, Ku lon - pr o go melaksanakan ritual sede kah laut, dengan melarung ke pala kambing ke tengah laut - an. Tradisi ini menjadi salah sa - tu ungkapan rasa syukur atas me limpahnya rezeki dan keselamatan.

Tradisi ini diawali dengan kirab gunungan yang dikawal ber godo dari rumah sesepuh adat menuju ke Tempat Pe le - lang an Ikan (TPI). Kirab ini juga mem bawa nasi tumpeng be ri - kut ayam ingkung, aneka jajan pa sar, dan juga tumpeng hasil bumi dan buah-buahan. Setelah didoakan, aneka uba rampe ini dibawa ke tengah laut untuk di - la rung.

“Ini merupakan upaya me lestarikan tradisi dan bu da - ya sebagai ungkapan rasa syu - kur,” kata Sumanto, tokoh ma - syarakat. Warga merasakan, dalam sa tu tahun ini hasil panen pertani-an cukup melimpah. Begitu juga dengan hasil tangkapan ikan da ri para nelayan juga cukup ba nyak. Selama pelaksanaan kirab, ratusan warga ikut memadati Pan tai Bugel. Mereka saling be - re but mendapatkan aneka uba rampe yang dilarung ke tengah la ut dan kembali setelah terba - wa arus gelombang.

kuntadi

Berita Lainnya...