Edisi 12-10-2016
Awali Hidup Sehat Dengan Rajin Cuci Tangan


SURABAYA – Pentingnya kesehatan perlu ditanamkan sejak dini. Paling tidak dengan mengenalkan cara sederhana untuk memulai hidup sehat.

Bertempat di SDN Ketabang, anak-anak diajari untuk hidup sehat melalui mencuci tangan dengan benar. Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan turut memberikan motivasi hidup sehat kepada seluruh anak yang hadir. Ikhsan menuturkan, kesehatan adalah segalagalanya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sejak usia dini harus selalu digalakkan.

“Untuk itu, hidup sehat perlu kita tekankan kepada anakanak,” katanya. Dia menambahkan, untuk hidup sehat bisa dimulai dengan cara mudah dan kadang dianggap sepele, bahkan sebagian orang menganggapnya remeh. Cara tersebut adalah mencuci tangan dengan benar. “Ini perlu dibiasakan sejak kecil,” katanya. Ikhsan menjelaskan, upaya menjaga kesehatan itu sederhana yakni bagaimana kita memperhatikan hal-hal yang terkecil guna mencegah kuman- kuman penyakit tidak masuk ke dalam tubuh.

Salah satunya dengan rajin mencuci tangan. Bahkan, mencuci tangan bisa dianggap sebagai benteng utama untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Sebab dari tanganlah berbagai kuman, bakteri, dan virus bisa menempel. Jika tangan kotor digunakan untuk makan maka kuman, bakteri dan virus bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Di antara penyakit yang bisa menyerang manusia akibat kurangnya kebersihan tangan mulai dari demam, influenza, diare, meningitis, hingga b ronchiolitis . “Gerakan cuci tangan ini perlu dilakukan, Melalui gerakan bersama ini diharapkan mampu menanamkan kebiasaan mencuci tangan kepada para siswa,” tuturnya. Di bawah bimbingan dari tim PT Reckitt-Benckiser (RB) Indonesia, para siswa dibimbing dan diajar cara mencuci tangan dengan benar.

Puluhan siswa ini satu per satu mempraktikkan cara mencuci tangan, termasuk cara menggunakan sabun. Sabun cuci tangan dianggap cukup efektif untuk membersihkan hingga membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tangan. Kepala SDN Ketabang Suparno mengapresiasi gerakan mencuci tangan bersama tersebut.

Dengan acara itu para siswa mendapat pengetahuan baru tentang pentingnya cuci tangan untuk menjaga kesehatan. “Guna mewujudkan generasi muda Indonesia yang sehat, dibutuhkan peran serta dari berbagai elemen sehingga mampu untuk memotivasi para siswa untuk menjaga kesehatannya dimulai dari hal yang terkecil, yaitu dengan mencuci tangan,” katanya.

Sementara itu, Marketing Director PT RB Faraz Shamsi menjelaskan, gerakan mengedukasi para siswa tentang cuci tangan yang benar ini adalah program corporate social responsibility (CSR) perusahaannya. Melalui program ini, pihaknya juga mendonasikan 100 wastafel ke beberapa sekolah dasar (SD) di Surabaya. “Cuci tangan sangatlah penting karena dari hal yang terkecil dapat menyelamatkan tubuh dari berbagai penyakit,” katanya.

lutfi yuhandi





Berita Lainnya...