Edisi 12-10-2016
Banyuwangi Undang Media Internasional


BANYUWANGI – Kementerian Pariwista terus membantu pengembangan wisata Banyuwangi di level internasional.

Setelah mempromosikan foto promosi pantai G-Land Banyuwangi di New York, AS, Kemenpar mendatangkan sejumlah jurnalis asing dari berbagai media internasional ke Banyuwangi. Sebanyak enam jurnalis dibawa Kemenpar untuk menyaksikan keindahan kabupaten berjuluk the sunrise of java ini.

Keenam jurnalis tersebut berasal dari Foxnews.com, US News & World Report, Travel Weekly, Vogue & Travel Leisure, The Huffington Post, dan Associated Press (Australia). Mereka berada di Banyuwangi selama dua hari sejak Senin (10/10), setelah sebelumnya mengunjungi Yogyakarta.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas pun menyempatkan diri untuk menemui para pewarta asing tersebut. Saat ditemui bupati Anas di pendopo, mereka langsung berdecak kagum melihat keasrian bangunan pendopo. Mereka diajak keliling dan dikenalkan guest house bunker dan rumah adat suku Using yang ada di dalam pendopo.

“Very nice building,” decak mereka hampir bersamaan saat melihat atap guest house yang berupa hamparan rumput hijau. Bupati Anas menjelaskan bahwa kedatangan jurnalis asing ini sebagai bagian dari strategi Kementrian Pariwisata untuk mencapai 12 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2016. Kemenpar lalu memfasilitasi kegiatan Media Trip (familiarization trip) untuk menyebarkan informasi destinasi pariwisata Indonesia, salah satunya Banyuwangi.

“Tentunya ini sangat membantu upaya promosi pemkab untuk mendatangkan turis ke Banyuwangi. Apalagi Banyuwangi sendiri hingga Agustus 2016 sudah dikunjungi 2,4 juta wisatawan baik domestik maupun asing,” ujar Anas. Pada tahun 2015, angka kunjungan wisatawan domestik di Banyuwangi mencapai 2 juta, sedangkan wisman sebanyak 40 ribu. Pelaksana Tugas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, menjelaskan Kemenpar tengah gencar mengembangkan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. Selain itu, ada 10 destinasi berkembang yang branding-nya akan diperkuat.

“Dari sepuluh destinasi yang diperkuat branding -nya salah satunya adalah Banyuwangi. Kemenpar menilai sektor pariwisata Banyuwangi sudah berkembang dan lebih siap menyambut banyak turis, sehingga promosi kita juga diperkuat,” ujar Bramuda. Selama kunjungan di Banyuwangi, para jurnalis ini Desa Adat Kemiren, Gunung Ijen, dan menikmati city tour Banyuwangi. Usai kunjungan ke Banyuwangi, mereka langsung menuju Pulau Bali yang direncanakan selama dua hari.

masdarul khoiri




Berita Lainnya...