Edisi 12-10-2016
Blitar Siap Gelar Pilkades


BLITAR – Sebanyak 21 desa di 15 kecamatan Kabupaten Blitar akan menghelat pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 2016 ini.

Dalam waktu dua bulan, seluruh desa peserta pilkades serentak harus menuntaskan persiapannya. Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan eksekutif dan legislatif telah bersepakat. “Dan itu dituangkan dalam Perda Nomor 6 Tahun 2016. Kemudian juga ada peraturan bupati,” ujar Suhendro kepada wartawan.

Sesuai jadwal yang telah dibuat, pemkab akan menghelat pilkades serentak pada 15 Desember 2016 mendatang. Sebab, sejauh ini ada beberapa jabatan kepala desa yang sudah habis dan terpaksa diganti pejabat pelaksana tugas (Plt). Kondisi itu cukup mengganggu kebijakan dan proses administrasi yang berjalan di desa.

Adapun pemerintah desa diharap tidak hanya fokus pada kepanitiaan dan pembentukan petugas pemilihan pilkades. Setiap desa juga harus menyiapkan anggaran dalam jumlah tertentu yang telah disepakati bersama. Namun yang terpenting, pelaksanaan pilkades serentak bisa berjalan dengan tertib, aman, dan lancar.

Sebab, politik lokal (pilkades) sering kali meninggalkan konflik yang lebih panjang dibanding pilkada, pileg maupun pilpres. “Hal itu yang kita antisipasi. Harapannya pilkades bisa berjalan tertib, lancar dan aman, “ ujar Suhendro.

solichan arif

Berita Lainnya...