Edisi 12-10-2016
Ciphoc Buktikan Karya Lewat Pameran Foto


SURABAYA – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (UKM CiPhoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, menunjukkan hasil karya mereka melalui pameran foto produk bertajuk Beauty of in Product.

Pameran foto ini sekaligus menjadi ajang pembuktian diri anggota CiPhoc yang awalnya krisis percaya diri untuk berpameran, namun akhirnya mendapat pengakuan untuk karya mereka. Pengakuan muncul dari mahasiswa lintas fakultas di Unitomo maupun pecinta fotografi lainnya yang mendatangi lobi lantai 1 Gedung F Kampus Unitomo di Jalan Nginden Semolo.

Pameran foto ini akan berlangsung hingga 14 Oktober mendatang. “Ini pameran foto bertema produk yang pertama kali. Sebelum pameran, dua minggu lalu mahasiswa UKM CiPhoc mendapat materi teori dan praktik foto produk,” kata Ridho Fikri, ketua pelaksana pameran. Diakuinya, pameran ini nyaris gagal hanya karena para mahasiswa kurang percaya diri untuk menampilkan karya foto mereka.

“Hingga Senin (10/9) sore, foto karya mahasiswa belum dicetak. Oleh anggota CiPhoc senior yang belum maupun sudah lulus, para anggota yunior itu di-bully hingga akhirnya terdorong untuk berani berpameran. Terlebih UKM CiPhoc pada tahun ini baru berpameran pertama,” kata Ridho. Dorongan itu akhirnya meneguhkan tekad anggota muda berpameran.

“Foto baru dicetak Senin (10/10) malam. Mereka menata seketsel, setting tempat, semuanya dilakukan dadakan. Dan alhamdulillah, hari ini (kemarin), pameran dibuka Pak Mulyanto, wakil rektor II,” sambung Ridho. Patrik Cahyo Lumintu, salah seorang anggota UKM CiPhoc, mengaku senang bisa memamerkan karyanya.

“Ini hot wheel atau mobil-mobilan seolah mengeluarkan api dari pemanfaatan turbo, padahal tidak. Munculnya api yang seolah dari mobil-mobilan ini karena teknik pengambilan foto,” tutur mahasiswa semester III Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unitomo ini menerangkan foto karyanya.

Warek I Unitomo Mulyanto ingin anggota muda CiPhoc bisa produktif seperti para senior mereka. “Dulu CiPhoc ini UKM di bawah Fikom. Namun kini menjadi UKM di bawah universitas. Banyak anggota CiPhoc yang sudah lulus dan berkarya di banyak kantor media yang tetap memberikan perhatian, dukungan untuk tetap eksisnya UKM yang banyak mencetak para fotografer andal,” pungkas Mulyanto.

soeprayitno



Berita Lainnya...