Edisi 12-10-2016
Polres Siapkan 20 Personel Kawal Peserta Pilkada


BATU – Polres Batu mulai menyeleksi anggotanya yang akan dijadikan pengawal pribadi (walpri) calon wali kota dan wakil wali kota Batu.

Sebagai tahap awal, dilakukan test psikologi yang digelar diaula Yayasan Pelayanan Pengkabaran Injil (YPPI) diikuti 130 orang. Rinciannya, 30 perwira terdiri dari beberapa kapolsek, kasat, 12 Polwan dan sisanya anggota polisi berpangkat brigadir. “Test psikologi ini rutin kami lakukan setiap tahun. Tujuannya untuk pendidikan pengembangan karier dan pendidikan spesialis untuk anggota Polri.

Hasil test psikologi kita laporkan ke bagian SDM Mabes Polri sebagai rekam jejak bagi yang bersangkutan,” tegas Kapolres Batu AKBP Leonardus Simarmata. Menurut dia, manfaat hasil test psikologi akan dipergunakan sebagai pertimbangan organisasi untuk menempatkan perwira Polri dan bintara Polri pada jabatan tertentu.

Salah satu pertimbangannya adalah di lihat hasil test psikologi, jasmaninya dan catatan pribadinya. “Kebetulan bulan ini, KPU akan menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota sehingga ada 20 orang yang kita usulkan menjadi walpri,” tandas Kapolres. Syarat agar menjadi walpri asil test psikologinya harus bagus. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat dokter. Lulus uji menembak dan bisa beladiri. “Untuk walpri kita butuh 16 orang.

Empat diantaranya harus polwan. Karena ada satu cawali perempun,” sebutnya. Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kasumda) Polres Batu Kompol M Yantofan menambahkan, test psikologi anggota dimulai pukul 08.30 WIB. Kegiatannya ini berlangsung selama empat jam. Untuk menjaga netralitas ujian, pihaknya bekerja sama dengan Biro SDM Polda Jatim. “Soal test psikologinya termasuk yang melakukan pengawasan dari Biro SDM Polda Jatim. Hasil test kita laporkan ke Mabes Polri,” sebutnya.

maman adi saputro


Berita Lainnya...