Edisi 12-10-2016
Siswi SMP Negeri 1 Sabet Juara Olimpiade Sains Jawa–Bali


Prestasi kembali ditorehkan pelajar Kabupaten Gresik. Kali ini, tim dari SMP Negeri 1 Gresik berhasil menyabet juara 1 Olimpiade Sains Biologi tingkat Jawa Timur-Bali yang diselenggarakan Universitas Jember, kemarin.

Tim SMP Negeri 1 Gresik terdiri dari Jihan Farahiya Sambari, 14; M Zulqi Prishandi Wijaya,13; dan M. Rafif Fasya Rizkyaldi, 14. Mereka berhasil menyingkirkan tim dari sekolah unggulan lainnya di Jawa Timur dan Bali. Menariknya, satu di antara tiga orang tersebut adalah putri ketiga Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, yaitu Jihan Farahiya. Jihan mengaku keberhasilan meraih juara satu tidak bimsalabim tapi belajar keras bersama tim yang dilakukan rutin setiap hari.

“Tidak hanya soal lomba kami belajar bersama, setiap hari kami selalu kompak berdiskusi,” ujar Jihan, kemarin. Menurut dia, pihak sekolah juga sangat membantu dalam hal penguasaan materi yang dilombakan. Selain itu, kami juga mencari literatur sendiri sebagai bahan. “Banyak membaca, karena itu kunci dari keberhasilan kami meraih juara satu,” ujar Jihan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Mahin menuturkan, tim sains dari SMP Negeri 1 Gresik telah mengikuti proses seleksi yang ketat dan obyektif sehingga terpilihlah tim yang diketuai Jihan Farahiya untuk berlaga dalam ajang olimpiade ini. “Untuk dapat mengukuti kompetisi ini, tim sudah siap mental maupun teknis pelajaran.

Selain itu, mereka juga siswa terbaik sehingga tidak sulit menerima materi yang diberikan guru pembimbing,” ujarnya. Sementara Bupati Sambari, Halim Radianto berharap agar mereka terus meningkatkan prestasinya dan menjadi contoh bagi siswa siswi lain untuk berlomba-lomba meraih prestasi. Dengan begitu diharapkan, dapat mengharumkan nama Gresik di kancah nasional maupun internasional.

“Selamat atas keberhasilan dalam berkompetisi, teruslah belajar dan harumkan nama Gresik dengan prestasi. Saya yakin Kabupaten Gresik merupakan gudangnya siswa berprestasi. Karena itu, jangan ragu mengikuti perlombaan yang bertajub ilmu pengetahuan yang diadakan sekolahsekolah maupun lembaga lainnya,” tandasnya.

Ashadi Ik

Gresik

Berita Lainnya...