Edisi 12-10-2016
Daerah Perlu Perbanyak Lapangan Kerja


PURBALINGGA – Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) berharap daerah kabupaten/kota memperbanyak lapangan kerja sehingga meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kami dorong agar industri tumbuh di daerah, supaya menciptakan lapangan kerja,” kata HT saat berkunjung ke PT Boyang Industrial di Purbalingga, kemarin. HT yang didampingi Bupati Purbalingga Tasdi mengapresiasi banyaknya industri di Purbalingga yang bisa dicontoh daerah daerah lainnya.

PT Boyang industrial dinilai sangat representatif mendukung penciptaan ribuan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Menurut HT, investasi bisa datang dari mana saja, baik luar negeri maupun dalam negeri. Namun hal yang terpenting adalah bisa memperkerjakan putra daerah, supaya lapangan kerja juga tumbuh di daerah. CEO MNC Group ini mengaku berencana menanamkan investasi di daerah Purnalingga.

“Mudah-mudahan bisa membantu di sektor wisata atau perhotelan,” katanya. Sementara, manager PT Boyang Industrial Rocky Junjungan mengatakan, perusahannya memperkerjakan sebanyak 7.000 orang. Mereka berasal dari daerah Purbalingga dan sekitarnya. “Kami memproduksi berbagai jenis rambut sintetis,” katanya.

Dia menjelaskan, hasil produksi rambut sentitis sebagain besar diekspor ke Amerika, Eropa, dan sejumlah negara di kawasan Timur Tengah. “Pasar lokal belum ada, sebab untuk memenuhi kebutuhan ekspor saja produk kami masih kurang,” ujarnya. Rocky yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Purbalingga ini berharap HT bisa menanamkan investasinya di Purbalingga.

Sehingga bisa ikut membangun daerah di wilayah selatan Jawa Tengah ini. Bupati Purbalingga Tasdi juga berharap rencana HT menanamkan investasi di Purbalingga segera terealisasi pada 2017, supaya daerahnya bisa semakin berkembang. “Dengan demikian bisa membantu meningkatkan perekonomian warga,” katanya. Saat berkunjung di Purbalingga, HT juga diajak oleh bupati untuk melihat lokasi potensial yang bisa dibangun hotel dan pusat perbelanjaan.

Kepala Kantor Penananaman Modal dan Perijinan Terpadu Kabupaten Purbalingga Mukoddam mengatakan, PT Boyang Industrial merupakan salah satu perusahaan yang banyak memperkerjakan karyawan lokal. “Hasilnya produksinya semua ekspor,” katanya.

Dia memaparkan, Purbalingga masih membutuhkan banyak investor yang mau membuka lapangan pekerjaan. Menurut Mukoddam, lokasi yang kemarin ditinjau HT layak untuk dijadikan hotel maupun tempat perbelanjaanbaru, karenasudah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

amin fauzi


Berita Lainnya...