Edisi 12-10-2016
Curi Barang di Aisa Mart, Kepala Desa Ditangkap


SLEMAN– Oknum kepala desa (kades) berinisial M, 38, ditangkap Unit Reskrim Polsek Ngaglik, Sleman.

Dia ditangkap karena mencuri barang di Aisa Mart yang berada di Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Kapolsek Ngaglik Kompol Riyanto menngungkapkan, tersangka M merupakan Kepala Desa Wirogaten, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Selain M, polisi juga menangkap PP, 35, yang tidak lain adalah warga Desa Wirogaten.

Sementara tersangka ketiga adalah H alias Cipluk, 35, warga Juminahan, Yogyakarta. “Ketiganya merupakan pelaku pembobolan Aisa Mart yang berada di Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman,” ujar Kompol Riyanto, kemarin. Terungkapnya komplotan tersebut berawal dari tertangkapnya tersangka Cipluk di rumahnya.

“Antara M dan H ini sebelumnya sudah bertemu saat sama-sama menjalani masa tahanan di Kebumen. Keduanya ada catatan kriminal pernah ditahan karena kasus pencurian di Kebumen,” jelas Riyanto. Pencurian yang dilakukan ketiganya sudah disiapkan cukup matang. Cipluk menjadi pelaku yang berperan memetakan sasaran aksi.

Dia tercatat pernah tinggal kos di wilayah Ngaglik sehingga bisa memetakan sasaran salah satu mini market tersebut. Bahkan dari pemeriksaan yang dilakukan tersangka Cipluk juga memiliki peranan mematikan kamera CCTV yang dipasang di dalam toko. “Karena yang memetakan situasi sasaran, Cipluk juga yang bertugas mematikan kamera CCTV agar aksi yang dilakukan leluasa,” tambah Riyanto.

Dari aksi yang dilakukan tersebut, M dan kawan-kawan bisa membawa lari uang tunai Rp11 juta serta tiga layar monitor LCD. Uang hasil curian dibagi bertiga, sementara barang bukti yang bisa diamankan adalah tiga monitor LCD dan mobil yang digunakan ketiganya saat beraksi.

Saat ini ketiga tersangka sudah ditahan di Mapolsek Ngaglik untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ketiganya terancam pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya penjara maksimal 5 tahun.

maha deva





Berita Lainnya...