Edisi 12-10-2016
Desa Layak Anak Mulai Dirintis di 14 Kecamatan


BOYOLALI - Pemkab Boyolali bakal membentuk desa layakanakdi19kecamatandi wilayahnya.

Program itu dimaksudkan untuk mendorong pemenuhan hak-hak anak, dan mengurangiangka kekerasan kepada anak. Kabid Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Boyolali Dinuk Prambandini mengatakan pembentukan desa layak anak baru tahapan sosialisasi persiapan pembentukan.

Dalam tahap persiapan didukung dengan adanya kesepakatan pemangku kepentingan desa layak anak. “Dalam hal ini Pemangku kepentingan desa layak anak meliputi Kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, PKK, unsur kelompok anak, dan LSM,” kata Dinuk Prambandini kemarin. Sembilan desa yang sementara ditunjuk diminta mempersiapkan gugus desa layak anak.

Setelah tahap persiapan, dilanjutkan perencanaan yang meliputi kegiatan penyusunan data situasi anak yang bersangkutan. Seperti dataanakyangtelahmemiliki akta kelahiran, jumlah anak bersekolah, jumlahanakyang putus sekolah, jumlah kekerasan anak yang terjadi, dan anak yang kurang gizi. Data itu selanjutnya dianalisis guna disusun rencana aksi. “Dengan terbentuknya desa layak, diharapkan bisa mengurangi angka kekerasan anak,” ujarnya.

ary wahyu wibowo

Berita Lainnya...