Edisi 12-10-2016
Gerakan SUBURe Atasi Kemiskinan


SEMARANG – Gerakan Suku Bunga Rendah (SUBURe) diyakini akan membantu problematika kemiskinan usaha menengah pada masyarakat Jawa Tengah.

Program ini diberikan kepada nasabah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan suku bunga dari double digit menjadi single digit guna memperkuat usahanya. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, dalam program ini Bank Jateng menurunkan suku bunga untuk kredit usaha dari minimal 11,5% menjadi 9,95% untuk UMKM dengan maksimum kredit di bawah Rp5 miliar.

“Penurunan suku bunga ini merupakan dukungan Bank Jateng pada program pemerintah untuk menurunkan bunga pinjaman di bawah 10% atau 1 digit,” ungkapnya dalam “Mas Ganjar Menyapa” dengan tema “Suku Bunga Rendah (SUBURe)” yang diselenggarakan SINDO Trijaya FM Semarang kemarin. Program ini diluncurkan Jumat (7/10) lalu di ruang kerja Gubernur Jateng. Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengajak Bank BUMN lainnya untuk menjalani program ini.

“Karena KUR bank BUMN mendapatkan subsidi yang tidak akan merugikan bank itu sendiri,” ujarnya. Selain itu, Ganjar Pranowo mengajak beberapa universitas turut mendampingi berjalanannya program ini. Mereka juga dapat menilai dan memberikan rekomendasi kepada orang-orang tertentu yang berhak mendapatkan program ini. “Selain itu, juga mereka yang nantinya mengelompokkan peminatan jenis usaha yang diinginkan,” katanya.

andik sismanto





Berita Lainnya...