Edisi 12-10-2016
Raperda RPIP Ditarget Selesai Akhir Tahun


SEMARANG – Rancangan peraturan daerah (raperda) Rencana Pembangunan In - dus tri Provinsi (RPIP) ditar - getkan selesai akhir tahun 2016 ini.

Saat ini, pembahasan te - rus dimatangkan, pasca dise - tujuinya raperda itu da lam sidang paripurna DPRD Jawa Tengah. Ketua Komisi B DPRD Jateng M. Chamim Irfani me - ngatakan, sebelum ra per da diusulkan dalam pari pur na, telah dilakukan uji petik. “Selain itu kita juga meninjau beberapa lo kasi kawasan in - dustri,” ujar nya, kemarin.

Raperda ini, merupakan bagian dari amanat Undangundang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian. Ra - perda ini juga dimaksudkan mempertegas keseriusan pe - merintah dalam mewu jud - kan tujuan penyelenggaraan perindustrian di provinsi ini. Wakil Ketua DPRD Jateng Heri Pudyatmoko menam - bah kan, perda ini akan men - jadi pedoman dan regulasi bagi segenap unsur aparatur Dinas Perindustrian dan Per - dagangan (Disperindag) da - lam melaksanakan tupoksi - nya.

“Juga akan menerangkan beberapa aspek yang dapat mempengaruhi regulasi,” imbuhnya. Dalam Peraturan Menteri Industri nomor 146/M-IND/ PER/12/2012, industri ung - gulan Jateng adalah industri mebel, industri tekstil dan produk tekstil.

Wilayah Pusat PertumbuhanIndustri(WPPI) Jateng ada di Kendal, Kota Semarang, dan Demak. Sementara, Staf Ahli DPRD Jateng Fris Dwi Yulian - to memaparkan untuk Indus - tri prioritas daerah ditambah Industri Karoseri. “Hal itu sesuai dengan usulan Pak Gubernur dalam sidang pari purna untuk me - nambah In dustri yang sudah berkem bang di Jateng,” tan - das nya.

m uh slamet




Berita Lainnya...