Edisi 12-10-2016
Dua Wilayah DIY Masuk Pilot Project Smart City


YOGYAKARTA –Center for Digital Society (CfDS) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Microsoft Indonesia telah sepakat untuk memulai Program Smart City.

Sebagai permula - an, telah dipilih 10 kota di In - do nesia yang akan menjadi pilot project, di mana dua di an - taranya berada di DIY. “Telah ada kesepakatan menginisiasi Pilot Project Pe - latihan Kota Pintar di 10 Kota In donesia. Melalui pemetaan ma salah dan potensi daerah, terpilih tujuh kota dan tiga ka - bupaten. Dua di antara yakni Kota Yogyakarta dan Kabu pa - ten Sleman.

Selanjutnya selama Oktober sampai Desem ber 2016, sepuluh kota akan mendapat kesempatan pelatihan smart city oleh kami,” ujar Asisten Peneliti Center for Di - gital Society Fisipol UGM El i sa - beth Winda Alfanisa, ke marin. Selain Kota Yogyakarta dan Sleman, kota yang menjadi pilot project smart city lainnya ialah Semarang, Serang, Tangerang, Depok, Bekasi, Sidoarjo, Kudus, dan Surakarta.

Elisabeth menjelaskan, ko - ta-kota tersebut akan mendapat pelatihan terkait wawasan yang komprehensif tentang konsep smart city, dan pengenalan umum tentang peluang dan tantangan yang dihadapi da lam mengembangkan smart city. “Training dalam dua hari di setiap kotanya ini juga diisi dengan sharing dalam forum group discussion serta penyusunan dan presentasi problem statements dan strategic planning yang bisa diterapkan di setiap kota.

Diharapkan, pelatihan ini akan berakhir pada se suatu yang aplikatif dan ber - manfaat bagi tiap kota,” kata Elisabeth. Menurut Elisabeth, sasaran pelatihan adalah seluruh pejabat pemerintah setingkat eselon, baik eselon IIA, IIB, IIIA, IIIB dan IVB. Dia ber ha - rap dengan pelatihan tersebut pemahaman tentang smart city dan e-government dapat di peroleh secara menyeluruh pada setiap perangkat daerah.

Pilot project pelatihan kota pintar itu sendiri merupakan awal dari kapasitas jangka panjang di bidang smart city . Diharapkan melalui peluncuran pilot project ini, akan menjadi pemantik bagi kota-kota sekunder lainnya untuk dapat memulai memajukan daerahnya melalui sebuah platform digital yang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Sementara itu, General Manager Research and Busi - ness Development Group PT Gamatechno Novan Hartadi mengatakan, PT Gamatecho sebagai unit bisnis UGM juga turut mengembangkan Ga - ma te chno Smart City Solution . Sistem aplikasi terintegrasi ini diluncurkan sebagai bentuk komitmen dalam upaya pe - ningkatan tatanan hidup ma - syarakat berbasis teknologi dan mendukung program smart city milik pemerintah.

ratih keswara





Berita Lainnya...