Edisi 05-11-2016
Kader Harus Jadikan Perindo Partai Besar


JAKARTA– Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengajak kader untuk terus bekerja keras membangun partai agar menjadi kekuatan politik terbesar di negeri ini.

Hal tersebut ditegaskan HT pada pidato politik saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Partai Perindo di Jakarta tadi malam. HT mengatakan, untuk membangun partai besar yang perlu diperhatikan ada tiga hal.

Pertama, membangun organisasi yang mengakar, yakni sampai tingkat bawah.

Dengan struktur yang mengakar itu akan semakin mendekatkan kader dengan rakyat sehingga dapat mendengar langsung aspirasi mereka. ”Jadi bangun partai sampai tingkat TPS (tempat pemungutan suara), karena dengan begitu kita bisa dekat dengan masyarakat,” ujar HT di depan ribuan peserta rapimnas yang memadati JIExpo, Kemayoran, Jakarta, tadi malam.

Kedua , membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Ini dapat dilakukan dengan terus melatih diri dengan segala macam pelatihan dan memperbanyak pengalaman.

Ketiga, mengembangkan dan menjalankan program kepartaian secara konsisten.

Menurut HT, program yang ada sekarang harus terus dikembangkan, khususnya program yang sejalan dengan perjuangan partai membangun masyarakat yang belum mapan. Perindo saat ini sudah menggulirkan program kerakyatan, yakni gerobak untuk UMKM, revitalisasi perahu dan alat tangkap nelayan, dan bantuan untuk petani. ”Program ini harus dikembangkan terus, yang penting terus turun ke masyarakat,” tuturnya.

HT menegaskan, membangun Perindo menjadi partai besar adalah sebuah keharusan karena dengan begitu akan terjadi perubahan, dan cita-cita bangsa untuk menjadi sejahtera dapat segera tercapai. Di hadapan ribuan kader, HT mengatakan saat ini Indonesia menghadapi persoalan kesenjangan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. Mayoritas daerah di Indonesia belum terbangun dengan baik. Itu akibat Indonesia yang menganut kapitalisme.

Hal tersebut harus diubah. HT mengungkapkan, dibutuhkan keberpihakan dalam kebijakan yang memberikan kesempatan masyarakat di daerah bisa maju. Dengan masyarakat yang maju, mayoritas daerah juga bisa maju menjadi pilar ekonomi sehingga Indonesia akan lebih cepat maju Kehadiran Perindo, tegas HT, adalah untuk mempercepat Indonesia mencapai tujuan negara maju.

”Dengan menjadi negara maju, negara dapat hadir menyelesaikan permasalahan masyarakat,” ujarnya. Rapimnas ini dihadiri oleh 1.720 kader dari DPP, DPW, dan DPD seluruh Indonesia. Kepada kader, HT juga meminta agar dilakukan evaluasi atas apa yang dilakukan selama dua tahun terakhir, tepatnya sejak partai resmi dideklarasikan.

Pembukaan rapimnas yang dirangkaikan dengan puncak perayaan HUT ke-2 Perindo ini dihadiri sejumlah tokoh nasional dan internasional antara lain Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Wantimpres Subagyo HS, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Jimly Asshiddiqie, dan calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tokoh parpol luar negeri yang hadir, yakni Setiausaha Agung UMNO Malaysia, Menteri di Kementerian Wilayah Persekutuan, Ahli Parlemen Putrajaya Datuk Seri Tengku Adnan bin Tengku Mansor, Ahli Majelis Tertinggi UMNO Malaysia, Menteri di Jabatan Perdana Menteri, Ahli Parlemen Arau Datuk Seri Dr Shahidan Kassim bin Kassim.

dian ramdhani/ Okezone