Edisi 05-11-2016
Halloween Dengan Sentuhan Indonesia


PERAYAAN Halloween dijumpai di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebagian orang tertarik untuk merayakannya secara kreatif dan seru: menggunakan berbagai kostum untuk bersenang-senang, bahkan berbisnis. Nah, berikut ini sejumlah atribut yang biasa digunakan untuk Helloween.

KOSTUM

KOSTUM jadi unsur terpenting dalam perayaan Halloween. Apalagi kalau pintar dalam mix and match. Seperti Indi Sugar Taufik dengan kostum Emily Corpse Bride yang terlihat berbeda namun menawan. Menurut Indi, kuncinya adalah memberikan personal touch. ”Saat jadi Emily Corpse Bride, aku tidak menghilangkan poni atau memakai wig. Sebisa mungkin gunakan apa yang sudah ada karena dari situ aja orang akan tahu aku jadi siapa,” bebernya.

Bahkan, Indi mengaku melakukan modifikasi pada desain, menciptakan ulang agar lebih cocok dengan budaya Indonesia. Dengan begitu, lebih nyaman ketika dipakai. ”Aku berupaya menghindari kostum yang terlalu terbuka dan ribet,” ujar penulis buku Waktu Aku sama Mika ini.

Di kostum Beetlejuice, misalnya, ia mengubah kostum yang aslinya setelan dan dasi menjadi dress dan pita hitam. Ciri khas Indi ini justru membuatnya mendapat banyak apresiasi. “Teman-teman dan pembaca blogku meminta tutorial cara membuatnya,” katanya.

TOPENG

HALLOWEEN tentu tidak lengkap tanpa tambahan aksen topeng sehingga menambah tingkat kesempurnaan kostum. Peluang ini dimanfaatkan Dendra Hadi Pratama (pemilik toko online jack_calico_ship). “Saya mulai berjualan topeng dengan ciri khas horor sejak Februari 2015. Permintaannya mulai meningkat ketika perayaan Halloween,” ujarnya.

Topeng model buah labu, menurut Dendra, banyak diminiati pada Halloween 2015. ”Bisa meningkat hingga 200% dari bulan sebelumnya, terutama dari pertengahan sampai menjelang akhir Oktober,” beber cowok kelahiran Gunungkidul ini. Salah satu yang menjadi alasan permintaan topeng ini laris karena warnanya merah dan bentuknya menyerupai labu.

“Topeng yang saya jual murah, hanya Rp50.000- Rp70.000 untuk ready stock dan Rp450.000 untuk custom order. Sedangkan untuk edisi spesial Halloween tahun ini saya buat paketan topeng seharga Rp100.000 dapat 3 sekaligus,” beber Dendra.

AKSESORI

KOSTUM tanpa dilengkapi aksesoris akan terasa hampa. Di pesta perayaan Halloween, ada pilihan aksesori lain yang tak kalah seram. Eye ball bisa jadi aksesoris alternatif. “Banyak orang berpikir horor selalu berkaitan dengan tengkorak. Karena itu, saya dan Jasmine berinisiatif membuat produk eyeball saja,” ujar Aldy Rivaliady Bachmid, pendiri toko online Rock District.

Selain menonjolkan keunikan produk yang dijual, ciri khas lain adalah penjualan secara terbatas dan harga terjangkau di kisaran Rp10.000-Rp100.000 tergantung dari bahan dan kesulitan dalam pembuatannya. “Harga yang terjangkau karena usaha ini juga untuk membantu teman-teman yang suka barang-barang unik. Sehingga target usahanya ialah remaja,” bebernya.

Usaha yang didirikan karena terinspirasi dari visual rock style ini sudah mulai meningkatkan target penjualannya hingga luar negeri. ”Saat ini aksesori yang dibuat dijual sampai Thailand dan mulai bekerja sama dengan personel band di sana,” katanya.

CHOKER

KALUNG yang sempat jadi tren pada era 1980-an-1990an ini berbentuk pendek yang ketat di leher. Biasanya kalung ini diidentikan dengan tampilan gotik. Aksesori penunjang ini cocok untuk menunjang kostum Halloween.

Pemilik olshop Abbeyskull Pamela Silva, misalnya, mendesain choker yang unik untuk digunakan dalam perayaan Halloween. “Choker ini handmade sehingga setiap produk selalu memberi ciri khas tersediri yang enggak ada di penjual lain,” beber Pamela. “Bisnis ini enggak sengaja karena aku suka aksesori skull dan di Indonesia lumayan susah yang jual, terus kepikiran deh buat koleksi sekaligus jual,” katanya.

Sasaran penjualan dari aksesori online shop Abbeyskull adalah anak muda. Bahkan, penjualannya sudah mencapai Malaysia. “Bahan pembuatan choker dari velvet dan renda. Costumer bisa pilih bandul sesuai stok. Selain choker, permintaan yang meningkat ketika momen Halloween adalah jepitan tengkorak atau skeleton’s hand,” ucapnya.

SIFA FAUZIA GS

GEN SINDO Institut Pertanian Bogor