Edisi 05-11-2016
BLH Dorong Sekolah Menuju Adiwiyata


PALEMBANG-Sebanyak 80 sekolah baik sekolah agama dan umum dari tingkat SD hing ga SMA/SMK sederajat, mengikuti kegiatan Sosialisasi Se ko lah Adiwiyata yang Peduli dan Ramah Lingkungan dengan ma teri Orientasi Lingkungan 2016.

Pemberian materi orientasi ini sendiri di fokuskan di SMAN 1 Palembang, kemarin. Kepala Bidang Komunikasi Lingkungan dan Penegakan Hukum di Ba - dan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, Desy Elvianti mengatakan, semua sekolah ini diberikan materi orientasi lin g - k u ngan sebagai bekal untuk me - wujudkan setiap sekolah agar menjadapatkan gelar Adiwiy ata, mulai dari tingkat kota, pro - vinsi, nasional hingga mandiri.

“Semua kasek ini sudah di be - ri kan workshop satu hari se be - lum nya, untuk materi orientasi lingkungan kita memberikan con toh melihat langsung bagai - ma na kondisi sekolah yang su - dah mendapatkan gelar sekolah mandiri yakni SMAN 1 Pa lem - bang,” ujarnya di sela kegiatan Orientasi Lingkungan 2016 di SMAN 1 Palembang.

Dijelaskannya, orientasi ling kungan seperti ini ber tu - juan untuk memberikan gam - ba ran kepada setiap sekolah dalam menerapkan berbagai sistem berbasis lingkungan, mu lai dari pengelolaan sampah, biopori, kompos, rumah bayam dan lain sebagainya. Pihaknya berkeinginan se - tiap sekokah mendukung dan dapat mem be nah diri menuju Adiwiyata.

“Sebab, Adiwiyata ini men ja - di salah satu komponen pe ni lai - an adipura. Dari 80 sekolah yang dibina ini, 58 di antaranya SD, 14 SMP dan 8 SMA/SMK. Se - mua nya didorong untuk men - da pat kan gelar Adiwiyata,” ucapnya. Menurut Desy, pada empat tahun terakhir saja yakni mulai 2013-2016, terdapat 225 seko - lah dari tingkat SD-SMA se de - ra jat, baik sekolah umum mau - pun sekolah agama.

Lima di antaranya sudah ber sta tus mendapatkan gelar sekolah mandiri, 39 sekokah Adi wiyata nasional, 112 tingkat provinsi dan sisanya tingkat Kota Palembang. “Meskipun demikian, yang perlu diperhatian sekolah bah - wa jangan sampai sekolah ha - nya mengejar status Adiwiyata saja, namun penerapan pro - gram nya haruslah dilakukan sec ara rutin dan harus d i du ku - ngan oleh semua warga di se ko - lah.

Agar gelar Adiwiyata benarbenar berdampak baik bagi se - ko lah, guru dan siswanya,” ka - tanya. Sementara itu, Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani mengatakan, kunjungan 80 sekolah ini bertujuan untuk melihat dan mencontoh berbagai program Adiwiyata yang te - lah mengantarkan sekolahnya tersebut meraih gelar Adiwiyata mandiri.

“Sekolah kita dipilih oleh pihak BLH Kota Palembang sebagai contoh bagi sekolah lain untuk melihat berbagai pro - gram yang ramah lingkungan seperti kompos, rumah bayam, bio pori dan lain sebagainya. Kita mempersilakannya dan se - nang karena menjadi sekolah per contohan bagi mereka,” ucapnya.

Karerek

Berita Lainnya...