Edisi 05-11-2016
Terjerat Denda Mencapai Rp85 Juta


Dalam beberapa pekanlaga di Indonesia Soccer Championship (ISC) A2016, Arema Cronus kebanjiran denda dari operator kompetisi, PT GTS. Hingga saat ini total denda yang terkalkulasi mencapai Rp85juta. Ironisnya, denda tersebu tjustru dating dari persoalan sepele seperti konferensi pers. Empat surat yang berisivonis denda sudah menumpuk dimeja Arema.Ada empat item yang menjadi objek pengenaan denda, hampir semuanya terkait konferensi pers.

Surat pertama merujuk pada sikap Milomir Seslija yang tidak hadir saat jumpa persdi markas Persegres Gresik United pada 21 September 2016. Akibat pelanggaran ini, Arema diganjar denda Rp15juta. Tagihan denda kedua didasarkan pada pelanggaran saat pertandingan melawan Mitra Kukardi Stadion Gajayana.

Selainsoal pelatih dan pemain yang dikirim mengikuti konferensi pers, pelanggaran bertambah karena absen dalam postmatchpressconference. Denda pun berlipat menjadi Rp30 juta. PTGTS juga menyoroti perilaku pelatih dalam pertandingan yang tertuang dalam surat ketiga.

Saat Singo Edan menjamu surat PSM Makassar diStadion Gajayana pada 14 Oktober lalu, Arema masih juga bermasalah dalam pressconference. Denda dalam surat ketiga ini cukup besar, yakni mencapai Rp25 juta karena Arema juga dinilai melakukan pelanggaran lain, yakni perilaku Pelatih Milomir Seslija dan Asisten Pelatih Joko Susilo yang berdiri bersamaan di technical area saat laga berlangsung.

Vonis denda keempat adalah laga melawan Persija Jakarta, juga di Stadion Gajayana. Lagi-lagi sikap Arema yang meremehkan sesi konferensi pers menjadi biangnya. Hanya menghadirkan asisten pelatih dan pemain cadangan sehingga berbuah denda Rp15 juta. “Datangnya denda ini memberikan pelajaran bagi kami untuk lebih disiplin lagi dipertandingan- pertandinganberikutnya.

Kami dari pihak manajemen tentu tidak ingin terulang lagi,” ujar Media Officer Arema Sudarmaji. Gelombang denda tampaknya belum usai. Karena, situasi serupa sempat terjadi pada pertandingan tandang kemarkas Persipura Jayapura. Saat itu, Arema hanya mengirimkan Asisten Pelatih Kuncoro dan pemain cadangan Oki Derry dalam konferensi pers sebelum laga.

Kukuhsetyawan

KUKUH SETYAWAN
Malang

Berita Lainnya...