Edisi 05-11-2016
Harga si “Pedas” Masih Tinggi


TEBINGTINGGI – Pembelimau - pun pedagang cabai di kawasan PasarTebingtinggi KabupatenEm - patlawang sedikit kecewa. Pasal - nya, harga cabai dalam be berapa minggu terakhir meroket hingga menyentuh angka Rp60.000/kg. Pedagang di kawasan Pasar Ilir, Yanti, 40, mengatakan, harga ca bai naik sudah dua pekan ini.

Di - karenakan distributor yang me - ngisi agen di Pasar Tebing tinggi jarang membawa barang. Dan akhir-akhir ini memang stoknya sedikit dan terbatas, jadi cabai di Pasar Tebingtinggi berkurang. “Cabai merah dari harga Rp48.000 naik menjadi Rp60.000/kg, dan untuk harga cabai rawit dari harga Rp35.000 menjadi Rp50.000/kg,” ungkap Yanti, kemarin.

Hal yang sama dikatakan, De - bi, 38, pedagang di Pasar Kulu Ke - camatan Tebingtinggi menga ta - kan, pengaruh naiknya harga cabai dikarenakan petani cabai di dae rah memang belum panen jadi wajar saja harga cabai meng - alami kenaikan. “Yo pengaruh ke kami pedagang ni adolah kak, yang jelas tu di omset ,karno cabai ni naek, jadi sepi kem - bali kak,” kata debi.

Menurut Debi, setiap musim hujan harga cabai selalu meng - alami kenaikan harga. Dan mu - sim penghujan cabai cepat busuk apalagi cabai merah. Kalau cabai rawit saat musim penghujan ini gampang rusak. “Cabai dikirim dari distribu - tor di luar daerah. Petani di tem - pat kita ini sangat jarang yang menanam cabai,” tuturnya.

Dia pun menambahkan, ka - lau pasokan cabai ke Tebing ting - gi ini lancar, mungkin tidak akan melonjak harganya seperti mau menjelang hari raya. “Walaupun mahal, tapi cabainya banyak ti - dak masalah, nah sekarang ini harganya mahal barangnya tidak ada,” pungkasnya. Terpisah, Plt Kepala Dinas Per - d agangan dan Perindustrian (Dis - perindag) Empatlawang, Sur yadi Husen mengakui, memang bela - kangan ini dirinya mendapatkan laporan perihal kenaikan bahan pokok.

Kendati demikian, Dis - per indag akan melakukan sidak ke pasar sekaligus mengetahui harga kebutuhan bahan pokok. “Akhir tahun ini kita akan cek dan sidak ke pasar di Tebing ting - g i dan Pasar Pendopo, menge nai kenaikan harga cabai saya sudah mendengarnya,” katanya.

cr15

Berita Lainnya...