Edisi 05-11-2016
Muzakir Ajak Nabung di Bank Sampah


MUARAENIM- Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar mengajak masyarakat Muaraenim untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Salah satu caranya dengan menjadi nasabah bank sampah.

“Masyarakat harus aktif dan ikut andil, sebelum di buang, pilah dahulu sampah yang organik dan anorganiuntuk kemudian disetor ke bank sampah,” jelas Muzakir saat meresmikan Bank Sampah Kirab Remaja milik Pemerintah Ke lurahan Air Lintang, Keca - matan Muaraenim, kemarin. MenurutMuzakir, denganada - nya bank sampah tersebut, ma sya - rakatdapatmeman faat kanlimbah rumah tangga berupa sampah menjadi sesuatu yang berguna.

Dia menuturkan, operasional atau keberadaan bank sampah tersebut tidak akan efektif jika tanpa peran dan keikutsertaan ma syarakat. Jika kesadaran ma - sya rakat akan kebersihan masih rendah, maka harapan dan tujuan dibangunya bank sampah terse - but tidak akan maksimal. Apalagi, menurutnya, untuk menggapai Piala Adipura yang ke-12 untuk Kota Muaraenim, jelas membu - tuhkan dukungan dan andil dari masyarakat.

“Bank sampah ini dibangun de ngan dana bantuan dari Ke - men terian Lingkungan Hidup, jadi harus sama-sama kita man - faat kan,” ujarnya. Sementara itu, Lurah Air Lin - tang, Lilis Murayani mengatakan, tujuan dibangunnya bank sam - pah tersebut adalah sebagai wa - dah dan sarana untuk mengatasi persoalan sampah, terutama yang berada di wilayah Kelurahan Air Lintang selama ini.

Pihaknya mela lui petugas yang ada, me ngum pulkan sampah dari masya rakat kemudian melakukan pemilahan, mana sampah yang bisa diolah, baik menjadi produk ke rajinan atau diolah menjadi pu - puk kompos. “Ini program kita untuk me - ngajak masyarakat peduli dengan lingkungan, terutama dalam hal sampah,” jelasnya. Pihaknya sudah membuat pro gram bayar raskin dengan sampah.

Dim ana warga kurang mampu di wilayah Air Lintang cu - kup menyetor sampah, kemudian dipilah dan ditimbang. Uang pen - jualan sampah disimpan dan mereka menjadi nasabah bank sampah. Uang yang terkumpul kemudian digunakan untuk me - nebus raskin.

irhamudin s parmato

Berita Lainnya...