Edisi 05-11-2016
Penetapan DPT Muba Awal Desember


SEKAYU - KomisiPemilihanUmum (KPU) Muba berencana menetap - kan dan mengumumkan daftar pe milih tetap (DPT) Muba pada awal Desember mendatang. Pe - ng umuman tersebut dilakukan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Dari jadwal yang ada, DPT itu diumumkan pada 30 November hingga 6 Desember. Ada waktu yang cukup banyak untuk kita mempersiapkan semuanya,” ujar Ketua KPU Muba, Ahmad Firdaus Marvels, kemarin. Saat pengumuman DPT nan - ti, sambung dia, kemungkinan besar jumlahnya tidak sama de - ngan daftar pemilih semen tara (DPS) yang sebe lum nya telah ditetapkan.

Di mana jumlah DPT dapat ber ku rang atau bertam bah. “Apakah nantinya jum lah DPT ini me ningkat atau me nurun dari DPS yang te lah disah - kan, itu belum bisa kita pastikan. Karena saat ini masih dalam p r o s e s pemuktahiran,” jelas dia. D a l a m penetapan DPT, kata dia, mengacu pada PKPU No 8 Tahun 2016.

Di mana dalam PKPU tersebut telah diakomo dasi ketentuan baru mengenai hal-hal terkait pencalonan khu susnya dari perseorangan dan hal-hal teknis lain terkait tahapan pilkada tahun 2017. Seperti diha pusnya daftar pemilih tetap tam bahan (DPTb) dalam pilkada 2017. Dengan begitu, DPT me rupakan daftar pemilih tetap fi nal yang akan digunakan dalam pilkada 2017.

Sedangkan alter natif bagi pemilih yang tidak ter akomodasi dalam DPT adalah de ngan penggunaan e-KTP yang se suai dengan lokasi TPS saat pe - mungutan suara pada pukul 12.00–13.00 WIB. “Kita terus lakukan koordi na - si dengan pihak terkait, PPK te - ngah meneliti dan memverifikasi kembali data DPS yang sebelum - nya kita sahkan.

Ini tujuannya un - tuk mendapatkan DPT yang aku - rat, karena dari DPT ini surat sua - ra akan baru mulai di cetak,” te - rang dia. Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Divisi Pence - gah an dan Hubungan Antar Lem - baga, Sigit Nugroho mengatakan, pihaknya akan melakukan peng - awasan terkait proses pemukta - hiran data pemilih, mulai dari tingkat desa hingga kabupaten.

“Pengawasan ketat kita lakukan, agar DPT yang ditetapkan benarbenar riil atau sesuai, sehingga tidak terjadi permasalahan ke depannya,” tandas dia. Sebelumnya, KPU Muba me - ne tapkan DPS sebanyak 469.874 jiwa pemilih. Di mana keputusan tersebut tertuang dalam berita acara pleno KPU Muba Nomor: 114/BA/XI/2016.

Jumlah DPS yang telah ditetapkan tersebut terdiri dari 239.114 laki-laki dan 230.760 perempuan. Jumlah ter - sebut mengalami kenaikan dari daftar pemilih tetap (DPT) pada pilpres 2014 lalu sebesar 2,6% atau sekitar 11.368 pemilih.

amarullah diansyah

Berita Lainnya...