Edisi 05-11-2016
Wawako Minta SKPD Bergerak


PALEMBANG-Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menyatakan, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus bersinergi menjaga kerapian kota.

Hal ini harus diupayakan agar Pa lem bang kembali meraih Adi pura. “Tim Adipura 2017 sudah mu lai melakukan pe ni laian. Upa ya sudah dilakukan oleh wali kota de - ngan turun ke lapangan setiap minggu. Saya minta semua SKPD dari semua ting - katan hing ga kecamatan bisa turut ber - gerak di wila yahnya,” ujarnya kemarin.

Me nurutnya, meskipun di tengah gencar nya pembangunan yang dilaku kan di Kota Palembang seperti light rail transit (LRT), pihaknya tetap optimistis mampu memba wa Adipura ke Palembang. Meskipun akibat pembangunan itu banyak fasilitas publik seperti jembatan penyeberangan, tamantaman dan lampu jalan terkena imbasnya. Belum lagi keru sakan pada jalan-jalandisekitarpemba ngun - an LRT.

“Pembangunan yang di - laku kan bisa mendapat penge - cua lian karena untuk mendu - kung Asian Games 2018. Penilai pasti memaklumi,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang Thabrani mengata - kan, saat ini tim penilaian untuk Adipura sedang melakukan pe - nilaian di Kota Palembang.

Na - mun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, penilaian Adipura ini tidak lagi melihat titik-titik mana saja yang akan dinilai. “Kita tidak tahu titik-titik mana saja yang menjadi peni - laian. Penilaiannya keseluruh - an,” katanya. Menurutnya, tim penilai Adi pura akan melakukan peni - laian sampai dengan hari Ju - mat.

Diharapkan Kota Palem - bang akan meraih kembali penghargaan di bidang ling - kungan tersebut. Meskipun saat ini Kota Palembang sedang hancur oleh pembangunan, toh itu tidak menjadi acuan Adipura tidak akan diraih. “Tim penilai tentu sudah memiliki kriteria-kriteria peni - lai an. Perlu saya tegaskan di sini, pembangunan LRT tidak ada hubungannya dengan penilaian Adipura,” katanya.

Pemkot Palembang, lanjut dia, tetapmenjagakebersihandan keindahan kota. Seperti ta mantaman dan ruang terbuka hi jau, tempat pembuangan sam pah (TPS), terutama kondisi pasar. Tim penilai Adipura tentu sudah memiliki penilaian ter - sen diri untuk Kota Palembang yang sedang dalam pemba - ngunan. “Penilaiannya pasti se - objektif mungkin,” ujarnya.

yulia savitri

Berita Lainnya...