Edisi 05-11-2016
Banjir di HKI Segera Ditangani


TARUTUNG– Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan meminta seluruh aparaturnya yang menangani masalah tata ruang dan pemukiman agar aktif memeriksa seluruh saluran drainase, khususnya di daerah pemukiman padat penduduk.

Disela-sela blusukan di tanggul Sungai Sigeaon, Tarutung, Nikson mengatakan, semua saluran drainase yang tumpat hingga sering mengalami banjir hingga ke jalan raya harus segera dituntaskan. Serta harus ditemukan solusi untuk mengatasi pembuangan ke Sungai Sigeaon. “Ini tidak boleh terulang lagi, pokoknya seluruh ruas jalan di perkotaan harus bebas genangan dan jangan sampai genangan air menimbulkan gangguan fasilitas publik,” terangnya, Jumat (04/10) di Tarutung.

Politisi PDI Perjuangan tersebut melanjutkan, genangangenangan yang ada di kawasan perkotaan selama ini, karena tidak sinkronnya anatar kemiringan jalan, drainase dan pembuangan air. Melihat itulah Nikson memerintahkan saat itu juga petugas harus melakukan pengukuran dan tidak boleh ada genangan lagi.

“Saya mau ini dicek dan diatasi segera sehingga tidak ada lagi banjir di sepanjang jalan HKI ini. Saya mau Dinas Cipta Karya langsung eksekusi dan mengerjakan solusi banjir ini. Saya juga berharap masyarakat sekitar bisa bekerjasama dengan memelihara parit, tidak membuang sampah sembarangan dan mau mengorek parit yang tumpat,” ujarnya.

Seorang warga Tarutung, Julfor Tambunan, 35, mengatakan, reaksi cepat dari pemerintah untuk melihat persoalan yang terjadidilingkunganmasyarakat merupakan gambaran keriusan pemerintah untuk menata daereh yang lebih baik.

Pengusaha asal Pahae tersebut menambahkan, dia sangat optimistis pengerjaan perbaikan drainase di perkotaan akan dilakukan dengan cepat karena sudah diperintahkan kepala daerah. Namun dia pesimis jika kondisi drainase yang baik dan jalan bebas genangan akan bertahan lama.

Mengingat kesadaran masyarakat masih sangat minim. “Seandaninya dibuat drainase dua puluh meter pun pasti tidak akan bisa menampung air, karena itu akan dijadikan masyarakat sebagai lokasi pembuangan sampah,” paparnya.

baringin lumban gaol

Berita Lainnya...