Edisi 05-11-2016
Bank Sumut Perkuat Transformasi BPD


MEDAN –Memasuki usia 55 tahun, PT Bank Sumut disiapkan mendorong kinerja untuk profitabilitas yang tinggi, pening katan fee based income, dan penguatan fitur layanan. Langkah ini juga mem per kuat upaya trans - formasi Bank Pemba ngun an Daerah (BPD) yang akan diwujudkan Bank Sumut.

Direktur Kepatuhan PT Bank Sumut Yulianto Maris dalam pi - dato direksi pada upacara pe ri - ngatan HUT ke-55 PT Bank Su - mut mengatakan Bank Sumut pernah mengalami pasang su - rut. Setelah berdiri pada 1961, membangun kantor yang re pre - sentatif pada 1986, Bank Sumut sempat terkena imbas krisis mo neter 1998-1999. Namun di tangan anak-anak Sumut, masa sulit itu berhasil dilalui.

“Kemudian Bank Sumut bang kit dan berkembang pesat menjadi salah satu BPD ter be - sar di Indonesia dengan unit ja - ringan kantor tersebar luas di Sumut dan ekspansi ke Jakarta. Kemudian berkontribusi men - cetak laba, pemberian dividen pada pemegang saham sebagai salah satu sumber PAD,” ujarnya di halaman Kantor Utama PT Bank Sumut, Jumat (4/11).

Sejarah ini harus dipahami semua pihak di Bank Sumut agar menghargai jasa generasi pendahulu. Bentuk peng hor - mat an juga dilakukan untuk melanjutkan kejayaan Bank Sumut selama 55 tahun dengan kinerja dan pertumbuhan po si - tif. Karena itu, tugas Bank Su - mut adalah melakukan penye - suaian atas perubahan, ter - utama pembenahan di aspek SDM mengantisipasi per saingan dengan meningkatkan skill, attitude, dan knowledge.

“Tahun mendatang semua insan Bank Sumut juga harus mendorong kinerja untuk pro - fi tabilitas yang tinggi, pening - katan fee based income, dan pe - nguatan fitur layanan sesuai de - ngan tagline Satukan Hati da - lam Kerja Nyata membangun Sumatera Utara. Dengan be - gitu, kepercayaan stakeholders dan pemegang saham semakin menguat mendukung trans for - masi BPD melalui penguatan modal,” katanya.

Yulianto juga menyam pai - kan terima kasih Direksi PT Bank Sumut kepada seluruh pihak, termasuk pegawai yang sudah berdedikasi untuk kema juan Bank Sumut. “Mari kita rapatkan barisan, pertautkan hari, dan menunjukkan kerja nyata. Bekerja cerdas dan ikhlas untuk menjadi lebih baik dan terbaik. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi niat tulus dan cita-cita kita,” katanya.

Sementara Direktur Utama PT Bank Sumut Edie Rizliyanto mengatakan, akselerasi BPD semakin kuat setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) men - canangkan Program Transfor - masi BPD. Penguatan modal me - rupakan satu program stra tegis dalam mendorong Bank Sumut agar bertransformasi men jadi bank kuat, berdaya saing, dan berkontribusi lebih besar bagi pembangunan daerah.

Edie yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) mengatakan, pe - nguat an modal akan mend o - rong percepatan program trans formasi BPD termasuk Bank Sumut menghadapi per - saingan di industri perbankan nasional yang semakin ketat. Presiden Jokowi telah meng imbau agar pemegang sa - ham BPD meningkatkan pe - nyer taan modal ke BPD di dae - rahnya.

“Harapan itu sejalan dengan program transformasi BPD,” tuturnya. Salah satu tantangan besar BPD ke depan adalah me la ku - kan pembenahan struktural dan berkontribusi lebih besar dalam pembangunan di daerah. Selama ini, katanya, kontribusi BPD terhadap pembangunan daerah terutama infrastruktur masih rendah tercermin dari pangsa kredit produktif baru mencapai 26%.

“Padahal BPD yang tahu persis kebutuhan pengembangan perekonomian daerah dan kebutuhan pem bi a - ya an pem bangunan daerah - nya,” ujarnya. Program transformasi BPD memiliki tiga sasaran besar, yakni meningkatnya daya saing, menguatnya ketahanan kelembagaan, dan mening kat - nya kontribusi pada pem ba - ngunan daerah.

Penge m bang - an SDM, pengelolaan produk dan layanan, pengembangan pe masaran, pengelolaan jaring - an, pengelolaan portofolio, ser - ta penguatan likuiditas dan per - modalan, harus dilakukan. “Enam strategi itu harus di - kembangkan, dikoor dinasikan, dan disinergikan oleh grup strategis BPD sehingga tercipta efi - siensi dan efektivitas pengelolaanbisnisdanrisikobaikditingkat grup maupun masing-masing BPD.

Dengan begitu target BPD Grup menjadi bank nomor 2 ter - besardiIndonesiapada 2024bisa terwujud,” ung kapnya. Seusai upacara tersebut, Di - reksi PT Bank Sumut mem beri - kan penghargaan kepada se - jum lah pegawai berprestasi. Direksi juga menyempatkan melakukan pelayanan kepada nasabah di kantor cabang ut a - ma sebagai bentuk merayakan hari ulang tahun Bank Sumut.

Selain itu, kaum ibu Rukun Wanita PT Bank Sumut turut berpartisipasi membagikan pa - ket sarapan pagi untuk peng - guna jalan di sekitar per simpangan Jalan Imam Bonjol dan Jalan KH Zainul Arifin.

fakhrur rozi

Berita Lainnya...