Edisi 05-11-2016
Drainase Jalan Sembada Akan Dibenahi


MEDAN – Dinas Bina Marga Kota Medan akan melakukan pembersihan drainase di Jalan Sembada persisnya di samping salah satu pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Djamin Ginting Medan.

Pasalnya, setiap pagi jalan tersebut dihuni para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pedagang formal. Pembersihan itu untuk melancarkan jalannya air di saluran tersebut. Mengingat drainase di kawasan tersebut tersumbat akibat dipenuhi sisa-sisa dagangan para PKL maupun pedagang formal berjulan di kawasan tersebut. Dengan lancarnya jalan air, maka kawasan tersebut bisa terhindar dari banjir.

“Kawasan itu selama ini ditempat PKL dan pedagang formal. Dimana mereka berjualan mulai dini hari sampai pagi. Sisa dagangan banyak dibuang ke dalam drainase. Akibatnya drainase tersumbat. Inilah yang nantinya kami bersihkan untuk melancarkan jalannya air,” kata Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan Harahap kepada KORAN SINDO MEDAN, Jumat (4/11).

Syahnan menjelaskan, selain melakukan pembersihan drainase, pihaknya juga sekaligus membersihkan tumpukan sampah yang berada di jalan. Dengan begitu kawasan tersebut tetap tertata baik, meskipun dijadikan pasar. Sampah sisa dagangan juga tidak masuk ke dalam drainase.

“Kami juga membantu Dinas Kebersihan Kota Medan terkait sampah yang berserakan di badan jalan itu. Dengan begitu kawasan tersebut kembali tertata rapi dan bersih meskipun ditempati PKL yang berjualan pada waktu-waktu tertentu,” ungkapnya. Syahnan mengungkapkan, setelah pembersihan tersebut dilakukan, pihaknya berharap masyarakat sama-sama menjaga kawasan itu.

Dengan tidak lagi membuang sampah ke dalam drainase. Sisa barang dagangan dibuang di tempat sampah yang telah disediakan atau dimasukkan ke dalam wadah. Pihaknya juga meminta camat untuk terus memantau kawasan tersebut. Dengan begitu kawasan tersebut tetap rapi dan bersih seperti baru dibersihkan.

“Kami minta juga kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke dalam drainase. Sama-sama merawat dan memelihara drainase untuk menghindari dari banjir,” ungkapnya. Saat ini pihaknya fokus dalam pembenahan drainase di Kota Medan, terutama yang selama ini menjadi titik-titik langganan banjir. Dengan pembenahan tersebut, maka titik-titik genangan air di Kota Medan bisa diminalisir. Selain itu, dirinya juga kerjasama dari masyarakat untuk sama-sama menjaga drainase.

Tanpa ada kerjasama dari masyarakat, maka apa yang dilaksanakan menjadi percuma. Sebab, perbaikan dan penataan drainase sia-sia karena masyarakat tetap membuang sampah ke dalamnya. Sementara itu, Kabid Drainase Dinas Bina Marga, Yusdartono menambahkan, pembenahan dan rehabilitasi drainase terus dilakukan pihaknya saat ini.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir titik genangan air di Kota Medan. “Pembenahan drainase rutin dilakukan. Hal ini untuk meminimalisir titik genangan air di Kota Medan,” katanya.

reza shahab

Berita Lainnya...