Edisi 05-11-2016
KA Cut Meutia Beroperasi, Tarif Cuma Rp1.000


MEDAN – Kereta Api (KA) Perintis di Kabupaten Aceh Utara yang diberi nama Cut Meutia, resmi kembali beroperasi mulai Kamis (3/11). KA Cut Meutia melewati lintasan Krueng Mane- Bungkah dan Krueng Geukeuh dengan jarak tempuh 11,3 Kilometer (km).

Ongkos sekali perjalanan hanya Rp1.000. “Tarifnya memang sangat murah karena disubsidi oleh pemerintah. Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan transportasi. Karena ongkosnya sangat murah, banyak masyarakat yang naik kereta api pada operasional pertama kemarin,” ujar Humas PT KAI Divre Sumut dan Aceh, Joni Martinus, Jumat (4/11).

Awalnya, KA Cut Meutia direncanakan beroperasi pada 1 November, namun karena ada sesuatu hal ditunda menjadi Kamis (3/11). Untuk tahap awal, KA Cut Meutia dengan jenis KRDI akan beroperasi 10 kali perjalanan setiap hari dari Stasiun Bungkah, 8 kali perjalanan dari Stasiun Krueng Mane dan 8 kali perjalanan dari Stasiun Krueng Geukueh.

“Dalam sekali perjalanan KA tersebut mampu mengangkut 192 penumpang dengan waktu tempuh 32 menit. Masyarakat yang ingin menggunakan layanan jasa angkutan KA Cut Meutia dapat membeli tiket di stasiun seharga Rp1.000. Besaran tarif tersebut diharapkan bisa dijangkau dan menarik minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api,” kata Joni.

Sementara Vice President PT KAI Divisi Regional I Sumut, Mateta Rijalulhaq, menyebutkan, KA Cut Meutia dulunya sempat beroperasi tapi dihentikan sementara karena terdapat sarana dan prasarana yang harus diperbaiki. Ke depan, pihaknya akan mengembangkan jalur-jalur lainnya untuk mengoperasikan KA, seperti jalur KA tujuan Binjai-Tanjung Pura, Langkat.

eko agustyo fb

Berita Lainnya...