Edisi 05-11-2016
Kejati Segera Limpahkan Kasus Korupsi Bank Sumut


MEDAN - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara segera melimpahkan berkas perkara IP, mantan Kepala Divisi Bank Sumut dugaan korupsi pembelian 294 unit kendaraan dinas senilai Rp17 miliar tahun anggaran 2013 ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Medan.

"Tersangka tersebut, telah selesai diperiksa penyidik dan tinggal merampungkan berkas perkaranya," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sumut, Bobbi Sandri di Medan, Jumat (4/11). Menurut dia, penyidik Kejati Sumut, saat ini perlu memeriksa beberapa orang lagi saksi kasus dugaan korupsi melibatkan IP dan selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan.

"Yang terakhir, tersangka tersebut diperiksa di Kejati Sumut, Rabu (2/11) sejak pukul 13.30 WIB hingga 16.15 WIB, dengan sembilan pertanyaan yang diajukan penyidik," ujar Bobbi. Dia menyebutkan, sebelumnya Kejati Sumut telah menahan tersangka IP, Jumat (21/10) dan dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IA Medan.

Penahanan tersangka tersebut untuk kepentingan dan memudahkan penyidikan yang dilakukan Kejati Sumut. Setelah ditahannya tersangka IP, ada dua orang lagi tersangka, yakni berinisial Z, Pelaksana Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan H, Direktur CP SP rekanan dalam kegiatan pengadaan kendaraan dinas tersebut, tidak pernah hadir memenuhi panggilan Kejati Sumut.

Bahkan, Kejati Sumut telah menetapkan status DPO terhadap dua tersangka itu (Z dan H) dan mengedarkan sebanyak 5.000 lembar foto berupa poster di seluruh kantor kejaksaan, tempat umum, pusat perbelanjaan, instansi pemerintah, serta lokasi lainnya.

"Bagi masyarakat yang mengetahui keberadaan dan tempat persembunyian kedua tersangka itu, dapat menghubungi nomor telepon yang tercantum dalam foto tersebut," kata juru bicara Kejati Sumut. Sebelumnya, penyidik Kejati Sumut, Rabu (20/7), menahan dua orang tersangka dugaan korupsi di Bank Sumut. Kedua tersangka itu, yakni mantan DirekturOperasionalBankSumut MY dan Asisten III Divisi Umum JS, dititipkandiRutanMedan.

syukri amal, ant

Berita Lainnya...