Edisi 05-11-2016
Pemprov Kini Kelola 18 Terminal Tipe B


MEDAN – Pengelolaan jembatan timbang di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) resmi dikelola pemerintah pusat sementara pengelolaan 18 terminal tipe B dan bidang kehutanan dari pemerintah kabupaten/ kota dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Pemprov Sumut dan pemerintah kabupaten/kota se- Sumut telah menandatangani berita acara penyerahan (BAP) personel, sarana dan prasarana, serta dokumen (P2D) urusan pemerintahan bidang perhubungan terminal tipe B dan bidang kehutanan dari pemerintah kabupaten/kota kepada Pemprov Sumut, di Aula Martabe Kantor Gubsu, Jumat (4/11).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut), Hasban Ritonga mengharapkan pelimpahan kewenangan dari kabupaten/ kota se-Provinsi Sumut kepada Pemprov Sumut untuk bidang-bidang lainnya berangsur- angsur dipersiapkan untuk segera diserahkan kepada Pemprov Sumut. Sementara pemerintah kabupaten/ kota yang berhalangan hadir untuk penandatanganan BAP diimbau segera menyelesaikannya.

“Ini amanat undang-undang,” katanya. Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Anthony Siahaan mengatakan, saat ini tidak ada kendala signifikan dalam pengalihan terminal tipe B. Untuk anggaran perawatan akan diusulkan di RAPBD 2017. Namun, ada kendala pada terminal tipe B di Lubukpakam karena berada di pinggir jalan sehingga kalau dikembangkan bisa berdampak terhadap kemacetan.

“Sementara untuk membangun jalan akses ke terminal itu tidak dapat dilakukan tahun anggaran ini. Hal ini akan dikoordinasikan dengan Pemkab Deliserdang,” pungkasnya.

lia anggia nasution

Berita Lainnya...