Edisi 05-11-2016
Perda SOTK Tunggu Konsultasi Mendagri


MEDAN – Rancanganperaturan daerah (ranperda) Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang telah diusulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) kepada DPRD Sumut, belum bisa segera disetujui.

Aturan tersebut masih membutuhkan perbaikan yang harus dikonsultasikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. “Anggota DPRD Sumut dan tim kami sedang di Jakarta untuk berkonsultasi kepada Mendagri. Mereka akan memastikan draf ranperdanya apakah sudah memadai atau masih perlu dikoreksi,” kata Sekdaprov Sumut, Hasban Ritonga di Medan, Jumat (4/11).

Hasban mengharapkan, perda SOTKtersebutdapatselesaidalam bulan ini juga. Kalau tidak selesai, proses penganggaran di Sumut akanterkendala, sepertiKebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon AnggaranSementara(KUA-PPAS) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2017.

“Untuk anggaran pendapatan sudah bisa kami prediksi, tapi untuk belanja harus disesuaikan dengan perda struktur organisasi, contoh nomenklatur, dan bidang-bidangnya,” paparnya. Apalagi dalam SOTK yang baru, struktur organisasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Sumut ada yang berubah, mulai dari tingkat dinas juga biro.

Karena itulah, ranperda SOTK harus dikonsultasikan dulu ke Jakarta. “Kami akan berupaya agar ranperda SOTK ini selesai sebelum Desember sehingga bisa kami masukkan ke KUA-PPAS dan baru dibahas RAPBD 2017,” paparnya. Sementara pengamat pemerintahan dari USU, Agus Suryadi mengatakan, SOTK perangkat daerah efektif harus diberlakukan Januari 2017 karena berkaitan dengan penyusunan APBD 2017.

Pemprov Sumut terkesan lamban mengimplementasikanUUNo23/ 2014tentang Pemerintahan Daerah. Pemprov Sumut semestinya tidak perlu menunggu perda restrukturisasi, terutama untuk urusan wajib seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Penataan Ruang dan Permukiman, dan Dinas Pendidikan. “Kalau tidak cepat mengejar SOTK dan perda restrukturisasi, sudah pasti pembangunan terganggu,” pungkasnya.

lia anggia nasution

Berita Lainnya...