Edisi 05-11-2016
Persediaan Alkon Implant di Sumut Aman


MEDAN - Persediaan alat kontrasepsi (alkon) jenis implant di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan aman hingga akhir tahun 2016. Hal ini untuk menjawab kekhawatiran sejumlah kabupaten/kota di Sumut yang sempat was-was pelayanan keluarga berencana terhambat karena alkon implant kurang.

“Tahun ini memang banyak perminataan pemasangan alkon jenis implant. Akan tetapi sempat tersendat karena sarana dan alatnya dari pusat belum dikirim, makanya sempat beberapa daerah mengeluh. Tapi pertengahan Oktober kemarin sudah dikirim sebanyak 77.000 alkon jenis implant, jadi sekarang sudah tidak ada masalah,” ujar Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut, Temazero Zega, Jumat (4/11).

BKKBN Sumut telah melakukan pelayanan implant secara serentak di 33 kabupaten/ kota di Sumut pada 27 Oktober lalu dengan pemasangan akseptor mencapai 14.272 lebih. Dalam wakti dekat pihaknya akan kembali melakukan pelayanan implant serentak dalam Bulan Bhakti Hari Kesatuan Gerak PKK KBKesehatan yang direncanakan pada pekan kedua atau ketiga November ini.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Sumut, A Sofian Rangkuti, menambahkan, selain memberikan pelayanan pemasangan alkon pihaknya juga memberikan edukasi, informasi dan komunikasi terhadap calon akseptor maupun yang sudah menjadi akseptor. “Kami merasa masyarakat masih butuh edukasi tentang alkon sehingga mereka lebih bersemangat untuk ikut KB,” tandasnya.

irwan siregar

Berita Lainnya...