Edisi 05-11-2016
Hadapi Mitra Kukar, BFC Minus Empat Pilar


SURABAYA – Pelatih Bhayangkara FC (BFC) Ibnu Grahan terus memutar otak untuk mencari komposisi terbaik bagi timnya. Maklum, dalam laga menjamu Mitra Kukar pada lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, besok, empat jagoannya dipastikan tidak bisa bermain.

Selain Evan Dimas yang masih membela tim nasional, skorsing akumulasi kartu kuning menghampiri Indra Kahfi dan Putu Gede. Sementara wingermungil Ilham Udin Armayn dipastikan belum bisa turun ke lapangan sehabis menjalani opname. Kehilangan empat pemain inti sekaligus dirasa cukup berat bagi Ibnu. Dia sangat berharap pemain yang nantinya mengganti posisi mereka yang absen bisa tampil optimal karena Mitra Kukar bukan lawan sembarangan.

“Sebenarnya tidak ada masalah saat tim diharuskan melakukan rotasi. Yang menjadi pertanyaan, apakah pemain pengganti nantinya bermain sesuai level yang diharapkan? Dalam latihan terlihat bagus, jadi lihat saja pada pertandingan nanti,” tutur Ibnu. Ibnu mengatakan laga kontra Mitra Kukar sangat menentukan sehingga dirinya tidak ingin keseimbangan tim terganggu karena absennya empat pemain sekaligus.

Meski ada perubahan komposisi, Ibnu masih menyimpan keyakinan timnya bisa bermain maksimal. Posisi Ilham Udin kemungkinan bakal ditempati Wahyu Subo Seto atau Fandi Eko Utomo. Dua pemain tersebut selama ini berposisi winger, di samping nama lain seperti Rudi Widodo.

Mereka bisa dioptimalkan untuk menyokong Thiago Furtuoso. Ke lapangan tengah, trio Khairallah Abdelkbir, Lee Yoo-joon, dan Zulfiandi diharapkan bisa menutup hilangnya Evan. Kemudian ke lini belakang, Indra yang selama ini menemani Otavio Dutra bisa diganti Hargianto atau Sahrul Kurniawan.

Sementara posisi bek kanan yang ditinggal Putu Gede kemungkinan besar diberikan kepada Fatchurrohman. Dengan asumsi formasi seperti itu, dari sisi kedalaman skuad sebenarnya BFC masih cukup meyakinkan. “Dalam pertandingan tidak hanya skill individu yang menentukan, tapi juga organisasi tim, kerja sama, fokus, hingga kedisiplinan. Saya sudah mempersiapkan itu dalam latihan beberapa hari terakhir dan mudah-mudahan hasilnya maksimal,” tandas Ibnu.

kukuh setyawan

Berita Lainnya...