Edisi 05-11-2016
Kampung Cor Alumunium Pulorejo


Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajuritkulon, terkenal sebagai Kampung Cor. Sebutan itu tak luput dari banyaknya warga di kelurahan tersebut yang memilih usaha cor alumunium. Puluhan rumah tangga telah menggeluti usaha ini selama puluhan tahun. Industri rumahan ini pun terus tumbuh seiring banyaknya permintaan alat rumah tangga berbahan alumunium.

Tak hanya dipasarkan secara lokal dan regional, produk buatan warga secara sederhana ini telah tersebar ke pelosok nusantara. Dari cor alumunium, warga bisa membuat berbagai jenis peralatan rumah tangga. Mulai dari cetakan kue hingga penggorengan dan alat masak yang terbuat dari alumunium lainnya.

Meski diproses menggunakan cara semitradisional, produk buatan warga ini memiliki kualitas yang bagus. Terbukti, produk ini laris manis di pasaran. Bahkan dari tahun ke tahun, warga yang menggeluti usaha ini terus bertambah. Kampung cor Pulorejo menjadi salah satu jujugan bagi warga luar kota untuk berbelanja peralatan rumah tangga.

Sempat goyang lantaran tingginya bahan baku dan persaingan pasar yang mulai tak sehat, geliat di kampung cor tak lantas berhenti. Itu tak luput dari kreativitas perajin dengan membuat desain produk yang baru. Alhasil, kampung cor Pulorejo masih menjadi pemasok tertinggi cetakan kue dan alat rumah tangga di kelas UKM. “Masih tetap jalan dan kami akan terus mengembangkannya.

Soal harga memang sempat anjlok, tapi saat ini mulai normal,” ujar Arifin, salah satu perajin cor alumunium. Perajin di kampung ini, kata dia, masih tetap mempertahankan pembuatan produk dari bahan alumunium dengan cara semitradisional. Kendati hanya menggunakan cetakan berupa pasir, produk warga ini berkualitas bagus. Di industri kecil ini, lanjut dia, perajin membuat berbagai kelas produk.

“Mulai yang biasa hingga produk yang berkualitas bagus. Semua bergantung pada pasar,” tandasnya. Keberlangsungan kampung cor Pulorejo juga tak luput dari peran pemerintah daerah dalam memberikan support . Tak hanya soal pemasaran, Pemkot Mojokerto juga mengucurkan kredit lunak kepada perajin untuk tumbuh kembang usaha mereka melalui program Pembiayaan Usaha Syariah (Pusyar).

Dengan program ini, perajin bisa mendapatkan akses permodalan yang mudah dan tanpa bunga dari bank milik Pemkot Mojokerto. Wali Kota Mojokerto Masud Yunus mengungkapkan, kampung cor Pulorejo menjadi salah satu kampung andalan di wilayahnya. Karena sejauh ini, kampung tersebut mampu mengangkat derajat ekonomi warga sekitar.

Tak hanya penghasilan warga yang meningkat, sekitar 25 usaha cor alumunium di kampung ini mampu menekan angka pengangguran. “Maka dari itu, Pemkot Mojokerto memberikan support agar kampung cor bisa tetap bertahan,” kata Masud Yunus. Sejumlah perajin cor alumunium juga telah menikmati sentuhan permodalan lunak dari Pemkot Mojokerto melalui program Pusyar.

Masud Yunus menyebut, dengan adanya penambahan modal ini, dia berharap, pelaku UKM bisa semakin berdaya dan berdaya saing. Karena rata-rata, perajin mengeluhkan permodalan untuk pengembangan usaha. “Kampung cor Pulorejo ini kita harapkan menjadi kampung wisata belanja. Kita juga membantu pemasaran dengan mengikutsertakan mereka ke pameranpameran,” pungkasnya.

tritus julan

Berita Lainnya...