Edisi 05-11-2016
Absolute Bazaar Dukung Produk Lokal


SEMARANG – Kota Semarang dinilai sebagai pasar menjanjikan untuk wisata belanja. Geliat desainer dan wirausaha lokal terus berkembang dan membutuhkan ruang untuk mempromosikan diri.

“Daya beli masyarakat Semarang sangat luar biasa. Dari lima gelaran yang sudah dilaksanakan, tiga kali dilaksanakan di Kota Semarang. Dilihat dari pasarnya hingga kini, animo di Semarang paling memuaskan dari segi penjualan ataupun ramai pengunjung,” ujar Founder Absolute Bazaar, Irene Kusmulyadi, di sela-sela pembukaan bazar mengusung tema “Arabian Night”.

Absolute Bazaar diramaikan 180 vendor dapat ditemui publik Kota Semarang di Ballroom Hotel Crowne Plaza Semarang, pada Jumat- Minggu (4-6/11). Pemilihan tenant sangat selektif agar produk yang dijual semakin variatif. Pilihan stan mulai dari fashion, food, kosmetika, jasa, dan lainnya.

Dalam pelaksanaan, lanjut dia, bazar tidak menyediakan kasirkhusus. Setiapvendorlangsung bertransaksi dengan pengunjung. “Target perjualan diserahkan kepada masing-masing vendor. Sebagai penyelenggara, kami menargetkan nilai transaksi naik 2 kali lipat dibandingkan bazar sebelumnya karena stan lebih banyak,” katanya.

Irene menyebutkan, stan makanan selalu menjadi incaran pengunjung. Berkaca dari gelaran sebelumnya, nilai transaksi dalam durasi sama, yakni tiga hari membukukan total Rp90 juta. Jumlah akumulasi dari stan makanan yang ramai pengunjung. “Dalam satu hari sekitar Rp30 juta untuk transaksi semua stan makanan.

Harga makanan yang dipasarkanmulaiRp20.000sampai dengan Rp30.000. Sementara kisaran harga untuk fashion mulai Rp300.000 hingga Rp2 juta,” pakarnya. Founder Absolute Bazaar lainnya Faleri Susanto menambahkan, vendor yang digandeng mayoritas adalah lokal. Meski begitu, vendor internasional juga mengisi bazar. “Sebagian besar adalah produk lokal.

Kehadiran beberapa vendor internasional memudahkan masyarakat Semarang yang sudah melek merek luar negeri. Kebutuhan produk tersebut dapat diakomodasi di sini,” katanya.

hendrati hapsari

Berita Lainnya...